Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Cakalang dan Lemon Cui

Kompas.com - 30/01/2012, 18:37 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com – Bertandang ke Manado tentu tak lengkap tanpa oleh-oleh. Nah, Anda bisa membeli ikan cakalang. Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana cara membawa pulang ikan cakalang.

Tenang saja, Anda tidak perlu membeli ikan cakalang segar untuk dibawa pulang. Cukup beli saja fufu cakalang atau ikan cakalang yang diasapkan. Ikan cakalang telah diberi bumbu sederhana dan diasapkan. Biasanya ikan telah dibelah dan ditusuk-tusuk sedemikian rupa.

Anda bisa mampir ke daerah Pikat di Manado untuk membeli fufu cakalang. Di jalanan tersebut, terdapat beberapa pedagang yang menggelar ikan-ikan asap di pinggir jalan. Selain fufu cakalang, Anda bisa membeli ikan roa yang juga khas Sulawesi Utara.

Namun, jangan lupa untuk menawar. Harga fufu cakalang biasa dibuka dengan harga mulai dari Rp 25.000 per buah tergantung ukurannya. Jika Anda membeli banyak, fufu cakalang biasa dihargai Rp 100.000 untuk tiga ikan.

Teliti pula ikan cakalang yang Anda beli. Cari yang dagingnya masih putih dan luarnya berwarna merah kecoklatan. Ini berarti ikan cakalang tergolong masih baru diasapkan, bukan ikan yang telah berkali-kali diasapkan.

Selain itu, cari yang masih agak lengas. Sebab, semakin sering diasapkan, daging semakin kering, rasanya pun makin berkurang. Saat membeli fufu cakalang, biasanya ikan yang telah dibeli akan dipotong kaitannya sehingga mudah dibungkus. Cara memakannya mudah saja, cukup goreng sebentar ikan cakalang.

Anda juga bisa mampir ke Pasar Bersehati di daerah Calaca, untuk berburu fufu cakalang. Pilihannya tentu lebih banyak. Tetapi tetap jangan lupa menawar. Nah, ke pasar ini, sekalian saja beli lemon cui.

Lemon cui adalah jeruk kecil seperti jeruk nipis dengan aroma yang sangat kuat. Jeruk ini menjadi khas daerah Sulawesi Utara dan Indonesia bagian timur. Sangat susah untuk mendapatkan jeruk ini di Pulau Jawa. Kalaupun ada, harganya mahal.

Mumpung lagi di pasar, beli saja lemon cui sebagai oleh-oleh. Satu kilogramnya seharga Rp 10.000. Pilih lemon cui yang masih hijau dan padat, sehingga tidak cepat busuk. Lemon cui ini sangat pas sebagai pasangan fufu cakalang yang akan dijadikan oleh-oleh.

Sebab, fufu cakalang paling nikmat disantap dengan sambal dabu-dabu. Cara membuat sambal ini sangat mudah, cukup potong kasar bawang merah, cabai, dan tomat. Kemudian siram dengan lemon cui dan garam.

Selain ikan cakalang asap, Anda juga bisa menjadikan abon cakalang sebagai oleh-oleh. Nah di UD. Kawanua di Jl. BW Lapian, Manado, Anda bisa membeli abon cakalang dan aneka oleh-oleh kering lainnya. Seperti keripik sampai kue bagelan. Di toko oleh-oleh ini juga tersedia aneka kaos bertemakan Sulawesi Utara. Serta pakaian dari kain tenun khas Minahasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com