Kunjungan Wisman Pakistan ke Indonesia Masih Minim

Kompas.com - 01/02/2012, 14:30 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAYAPURA, KOMPAS.com - Setiap tahun tidak kurang dari 300.000 wisatawan Pakistan yang berkunjung ke Thailand, Malaysia dan Singapura, tetapi hanya 7.000 orang yang berkunjung ke Indonesia.

Oleh karena itu kunjungan wisman Pakistan perlu didorong karena RI dan Pakistan memiliki kesamaan sebagai negara dengan penduduk mayoritas muslim terbesar dan kaya dengan berbagai potensi budaya dan pariwisata.

Konjen RI Karachi, Rossalis R. Adenan, dalam siaran persnya, Rabu ( 1/2) mengatakan pemerintah RI telah menerapkan pemberian visa bagi warga negara dari negara-negara yang termasuk dalam Daftar Calling Visa, termasuk Pakistan.

Ia menjelaskan mengenai Peraturan Dirjen Imigrasi Nomor IMI-1837.GR.01.06 Tahun 2010 tentang Pemberian Visa bagi Warga Negara Asing yang Mememerlukan Calling Visa, serta sekilas mengenai Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Agen Perjalanan Pakistan (Travel Agent Association of Pakistan /TAAP) menilai kebijakan pemberian visa bagi wisatawan Pakistan, khususnya yang terkait dengan visa turis dirasakan masih menjadi hambatan, terutama ya ng terkait dengan jumlah minimum 5 (lima) orang.

Dalam hal ini, antara lain disarankan agar wisatawan Pakistan dengan tujuan untuk berbulan madu, kalangan profesional dan WN Pakistan yang telah mempunyai visa Amerika Serikat, Inggris dan Schengen dapat di kecualikan dari peraturan dimaksud.

Disarankan juga agar Pemerintah Indonesia dapat mempertimbangkan pemberian visa on-arrival bagi WN Pakistan yang telah mempunyai visa dari ketiga negara tersebut, sebagaimana yang dilakukan oleh Pemerintah Turki kepada WN Pakistan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.