Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Ambon: Wujudkan "Manise" untuk Menarik Wisman

Kompas.com - 06/02/2012, 15:44 WIB

AMBON, KOMPAS.com - Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy memotivasi warganya untuk mewujudkan citra daerah ini yang "Maju, Aman, Nyaman, Indah, Sejuk dan Elok" atau Manise guna menarik kunjungan wisatawan mancanegera (wisman) menikmati pesona wisata di ibu kota Provinsi Maluku.

"Ambon pada awal 2012 ternyata dikunjungi turis asing dalam jumlah yang banyak sehingga citra Manise itu perlu menjadi tanggung jawab warga kota," katanya, di Ambon, Senin (6/2/2012).

"Jadi masyarakat hendaknya berperan serta menyukseskan program Pemkot Ambon dalam mewujudkan citra Manise agar kunjungan wisman ke daerah ini terus meningkat dengan dampaknya di berbagai sektor bakal dirasakan warga," ujarnya.

Richard mencontohkan kapal pesiar "Spirit of the Adventure" yang mengangkut 231 wisman mengunjungi Ambon pada 1 Februari 2012. Sebelumnya kapal pesiar "Voyages Discovery" juga mengunjungi Ambon dengan membawa 400-an wisman.

Para wisman tersebut dalam kunjungannya ke Ambon meskipun dalam tenggat waktu berkisar tujuh jam, tapi dampaknya ke dunia internasional sangat strategis karena memastikan stabilitas keamanan di Ambon semakin kondusif.

Begitu pun setelah menikmati aneka pesona wisata, lanjut Richard, saat mereka kembali ke negaranya, mereka akan mempromosikan kepada sanak keluarga, rekan maupun pemerintah setempat bahwa Ambon memiliki pesona wisata sangat menarik dan aman untuk dikunjungi.

"Makanya dengan semboyan ’Lawamena Haulala’ (Maju Terus Pantang Mundur) semua komponen bangsa di Maluku perlu bersatu padu mewujudkan Ambon yang Manise dengan menunjukkan kepribadian hidup orang timur menjunjung tinggi keramahtamahan dalam menerima siapa pun tamu berkunjung ke daerah ini," kata Richard Louhenapessy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com