Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karnaval Cap Go Meh Bentuk Harmonisasi Etnis

Kompas.com - 06/02/2012, 16:34 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Christiandy Sanjaya menyatakan, penyelenggaraan karnaval budaya multi etnis dalam memeriahkan perayaan Cap Go Meh 2563 sebagai bentuk terciptanya harmonisasi etnis di Provinsi Kalbar.

"Bentuk harmoni etnis itu bisa kita jadikan untuk menarik minat wisatawan mancanegara berkunjung ke Kota Pontianak dan Kalbar umumnya," kata Christiandy Sanjaya saat membuka perayaan Cap Go Meh di Pontianak, Senin (6/2/2012).

Adapun karnaval budaya dari berbagai etnis dalam memeriahkan perayaan Cap Go Meh di Kota Pontianak, diantaranya karnaval budaya dari etnis Melayu, Dayak, Madura, Jawa, Bugis, Batak, Ambon dan lain-lain.

Christiandy menyatakan, dirinya sudah mengikuti perayaan Tahun Baru Imlek dari hari pertama hingga sekarang dan sungguh menarik untuk terus dilestarikan. "Kegiatan ini sangat harmonis sehingga menjadi modal dalam menarik wistawan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Wagub Kalbar mengajak seluruh masyarakat provinsi itu untuk bersama-sama menyukseskan Cap Go Meh tahun 2012.

Sementara itu, Ketua Panitia Cap Go Meh Pontianak 2012, Yo Nguan Cua menyatakan, perayaan Cap Go Meh diharapkan bisa melestarikan kebudayaan etnis Tionghoa sehingga menggairahkan dunia pariwisata dan ekonomi masyarakat di kota itu.

"Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan semua masyarakat sehingga perayaan Cap Go Meh dapat berlangsung dengan lancar," ujarnya seraya berharap semoga Tahun Naga Air memberikan kebaikan kepada seluruh masyarakat Kota Pontianak, Kalbar dan Indonesia umumnya.

Wali Kota Pontianak Sutarmidji menyatakan, mudah-mudahan dengan perayaan Cap Go Meh tahun ini maka masyarakatnya bisa hidup harmonis. "Pemerintah Kota Pontianak sebagai salah satu kota yang pertama mengakui agama Konghucu di Indonesia," ujarnya.

Pemkot Pontianak bersama Yayasan Bhakti Suci Pontianak akan menata lebih baik lagi perayaan Cap Go Meh agar lebih menarik lagi sehingga bisa mengundang minat wistawan nasional maupun mancanegara untuk berkunjung ke Pontianak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com