Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Tempat Wisata Belanja di Jakarta

Kompas.com - 08/02/2012, 17:12 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Apakah daya tarik Jakarta dari sisi pariwisata? Selain memiliki Kota Tua Jakarta dan kekayaan wisata sejarah, Jakarta dipandang sebagai destinasi wisata belanja. Berikut beberapa tempat di Jakarta bagi para pengemar wisata belanja.

Busana Muslim di Pasar Tanah Abang. Aneka produk garmen dapat Anda beli di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Ada beragam pilihan busana Muslim dijual di tempat ini, mulai dari jilbab, atasan lengan panjang, kerudung, sampai gaun cantik untuk Muslimah.

Untuk para pria, aneka baju koko dengan tren busana terbaru tersedia di tempat ini. Biasanya para pembeli memborong pakaian dalam jumlah besar untuk mendapatkan harga grosir. Namun Anda bisa saja membelinya dalam jumlah kecil. Selain busana Muslim, kaus sampai baju batik juga dapat Anda temukan di Pasar Tanah Abang.

Baju Bekas di Pasar Senen. Pasar Senen di Jakarta Pusat, terkenal sebagai tempat berburu baju bekas berkualitas. Baju-baju bekas yang dijual di sini tak sedikit yang merupakan barang impor.

Ibarat sedang berburu harta karun, di tengah padatnya pasar, Anda bisa saja menemukan baju-baju bermerek ataupun kualitas impor. Jeli saja saat berbelanja, sebab baju yang terlihat kumel dan dengkil bisa jadi malah masih bagus, hanya perlu dicuci saja.

Rata-rata baju yang dijual mulai dari Rp 10.000 saja. Namun ada pula kaos yang dijual dengan harga di bawah Rp 10.000. Bahkan untuk syal dan beberapa benda kecil lainnya bisa dihargai Rp 1.000 sampai Rp 5.000. Pintar-pintar Anda menawar saja.

Batik di Thamrin City. Seiring dengan makin banyaknya orang yang mengenakan batik, pusat-pusat perbelanjaan batik di Jakarta pun menjamur. Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi untuk membeli baju batik adalah Pusat Batik Nusantara di Thamrin City, Jakarta Pusat.

Di sini terdapat banyak pedagang yang berjualan aneka busana batik baik untuk perempuan maupun pria. Anda bisa membeli batik tulis maupun batik cetak. Batik-batik tersebut ada yang berasal dari Cirebon, Pekalongan, Yogyakarta, sampai Madura.

Kain di Pasar Mayestik. Ada banyak pusat-pusat tekstil di Jakarta, salah satunya adalah Pasar Mayestik di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Berbagai pilihan kain mulai dari satin sampai katun bisa Anda temukan di sini.

Terdapat kain-kain impor maupun lokal dengan variasi harga yang bermacam-macam. Jika beruntung, Anda dapat membeli dengan harga diskon.

Selain kain, tempat ini memang ibarat surga para pecinta kerajinan dan menjahit. Aneka aksesoris dan perlengkapan menjahit bisa Anda temukan, mulai dari kancing, renda, dacron, sampai manik-manik.

Sepatu di Pasar Taman Puring. Taman Puring memang terkenal sebagai tempat berburu aneka sepatu. Walau harganya tergolong terjangkau, namun kualitasnya tidak diragukan lagi. Pasar ini terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Masuk ke area pasar, sepatu-sepatu bergelantungan di kios-kios pedagang. Sepatu olahraga seperti sepatu bola dan sepatu basket dengan mudah dapat Anda temukan di pasar ini.

Busana Desainer Ternama di Grand Indonesia. Jika Anda pikir hanya turis-turis negeri jiran yang melancong ke Indonesia khusus untuk berburu barang bermerek, pikir kembali. Nyatanya, banyak wisatawan domestik terutama dari daerah-daerah luar Pulau Jawa yang khusus datang ke Jakarta untuk mendatangi mal-mal mewah di ibu kota.

Mereka hendak berburu branded goods atau barang bermerek dari desainer-desainer ternama dunia. Biasanya yang dicari adalah produk fashion seperti merek Gucci, Burberry, sampai Louis Vuitton.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com