Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Wisata Belanja di Tanah Abang dan Mangga Dua

Kompas.com - 09/02/2012, 20:55 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F,
Endang

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berencana untuk datang ke Jakarta? Bisa jadi Pasar Tanah Abang dan Mangga Dua masuk dalam daftar tempat-tempat di Jakarta yang akan Anda kunjungi. Jika Anda penggemar wisata belanja, kedua tempat ini memang sayang untuk dilewatkan. Namun bila Anda baru pertama kali berkunjung ke kedua kawasan ini, ada baiknya menyimak tips berikut.

Waktu Tepat untuk Belanja. Kawasan bisnis Mangga Dua buka sejak pukul 8 pagi. Namun beberapa toko sudah mulai buka di pukul 7 pagi. Perlu diingat sebagian besar toko tutup menjelang magrib. Biasanya jam 6 sore, toko-toko sudah mulai tutup. Beberapa toko bertahan sampai pukul 8 malam.

Sementara Pasar Tanah Abang ada toko yang sudah buka sejak subuh. Siang hari sebagian besar toko sudah mulai membereskan barang dagangan. Saat magrib, toko-toko sudah tutup.

Jika Anda ingin menghindari berdesak-desakan saat berbelanja, datanglah di hari kerja, bukan di akhir pekan. Suasana juga masih sepi di pagi hari, saat toko-toko mulai baru buka. Apalagi jika Anda berbelanja saat toko-toko baru buka, pedagang biasanya lebih bermurah hati memberikan harga.

Bawa Barang Seperlunya. Jangan membawa banyak barang bawaan dari rumah saat berbelanja di Pasar Tanah Abang maupun di Mangga Dua. Sebab nantinya Anda akan kerepotan untuk membawa barang hasil belanjaan. Cukuplah membawa barang-barang penting saja, seperti uang, kartu ATM, atau bolehlah handuk kecil. Bawa semua keperluan Anda dalam tas kecil saja.

Buat Daftar Belanjaan. Sebelum pergi, sebaiknya buat terlebih dahulu barang-barang yang Anda beli. Sehingga dari daftar tersebut, Anda tahu mana prioritas barang yang Anda beli. Apalagi kawasan Tanah Abang dan Mangga Dua sangat luas. Jika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda beli terlebih dahulu, tentu akan menghemat waktu saat mencari kios yang menjual barang yang akan Anda beli. Siapkan pula uang sesuai dengan daftar barang yang akan Anda beli.

Bawa Uang Tunai. Hanya sedikit kios-kios di kawasan bisnis Mangga Dua dan Pasar Tanah Abang yang memiliki alat pembayaran untuk kartu debet dan kartu kredit. Oleh karena itu siapkan uang tunai secukupnya. Jangan membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak. Jika uang tunai Anda habis, tenang saja, gerai-gerai ATM menyebar di tempat-tempat belanja.

Waspada Pencopet. Hati-hatilah saat berbelanja di dua kawasan belanja tersebut. Baik kawasan bisnis Mangga Dua dan Pasar Tanah Abang selalu ramai dipadati pengunjung. Sebaiknya sebarkan uang Anda di beberapa tempat, misalnya di dompet, tas, dan kantung. Jangan taruh semua uang di dompet.

Tas Belanja. Jika Anda hanya berbelanja dalam jumlah kecil, bukan grosiran, ada baiknya Anda membawa tas belanja yang terbuat dari kain.

Biasanya saat belanja, barang pembelian Anda akan ditaruh di kantong plastik ukuran kecil. Tentu saja susah untuk membawanya setelah menempuk banyak. Oleh karena itu, taruh belanjaan Anda di tas belanja untuk memudahkan Anda membawa barang-barang belanjaan.

Mendapatkan Harga Terbaik. Selalu menawar sebelum membeli. Hanya saja tawar seperlunya. Harga di Mangga Dua maupun Tanah Abang rata-rata sudah murah.

Belanjalah dalam jumlah banyak. Sebab di beberapa kios memang menawarkan harga lebih murah jika membeli secara grosiran, misalnya beli minimum 1 lusin. Datang saja dalam rombongan. Sehingga jika berminat dengan barang yang serupa, Anda bisa membeli dalam jumlah banyak.

Tawar Seperlunya. Tawarlah jika Anda memang yakin untuk membeli. Bila Anda hanya ingin sekadar tahu harganya, Anda dapat menanyakannya.

Bila pedagang memaksa untuk Anda menawar, bilang saja bahwa Anda ingin lihat-lihat terlebih dahulu. Pedagang biasanya kesal jika Anda sudah menawar dan mendapatkan harga terbaik namun Anda tidak membeli.

Cari Langganan. Jalinlah hubungan yang baik dengan pedagang. Jika Anda menemukan pedagang yang cocok, setelah berbelanja lakukan sedikit perbincangan dengan pedagang.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com