Budaya dan Satwa Langka Andalan Wisata Polewali

Kompas.com - 10/02/2012, 09:20 WIB
Penulis Junaedi
|
EditorKistyarini

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Aneka satwa langka dan burung cantik yang hidup di sejumlah wilayah Polewali Mandar, Sulawesi Barat, menjadi memikat para wisatawan domestik dan mancanegara.

Pesona wisata itu di antaranya, biawak raksasa yang pandai berakrobat di atas pohon, berbagai jenis burung elang, burung bangau putih dan bangau hitam. Salah satu pemandangan memikat yang ditunggu para wisatawan adalah sejumlah besar burung bangau putih dan hitam yang terbang secara berkelompok.

Wilayah Polewali yang termasuk dalam Garis Wallace menjadi pusat arus migrasi aneka burung langka asal Australia pada musim-musim tertentu. Keindahan dan keelokan itu kini mulai dikenal wisatawan lokal dan mancanegara dan menjadikan Polewali salah satu destinasi wisata di kawasan Sulawesi Barat.

Menurut Agus, seorang pengelola biro perjalanan wisata, salah satu agenda kunjungan wisatawan mancanegara adalah menyaksikan panorama alam Polewali dan aneka satwa menarik di wilayah itu. Dikatakan Agus, biro perjalananan wisatanya akan memandu sekitar 100 wisatawan dari Australia, Amerika Serikat, Kanada, Inggris dan Jerman pekan depan.  

"Para wisatawan juga tertarik dengan keunikan budaya suku Mandar yang tetap lestari sampai saat ini," ujar Agus, Jumat (10/2/2012). Para pelancong asing itu rencananya akan dibawa menyusuri Sungai Mampie dari hilir ke hulu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.