Maros Kembangkan Tiga Jenis Obyek Wisata

Kompas.com - 12/02/2012, 18:54 WIB
EditorI Made Asdhiana

MAKASSAR, KOMPAS.com - Kabupaten Maros di Sulawesi Selatan mengembangkan tiga jenis obyek wisata untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) meliputi wisata alam, wisata sejarah dan agro wisata, dengan prioritas wisata alam air terjun Bantimurung yang menjadi primadona.

"Maros memiliki sedikitnya delapan obyek wisata alam yang cukup menarik, namun baru sebagian yang dikembangkan, seperti obyek wisata alam air terjun Bantimurung, Goa Pattunuang, Bulu’Sipong, Bonto Somba, Rea Toa. Lerang Panninge, Pantai Kuri dan Cagar Alam  Karaenta," kata Bupati Maros, Hatta Rahman, Sabtu (11/2/2012).

Sementara untuk obyek wisata lainnya adalah wisata sejarah meliputi, taman pasejarah Leang-leang, situs prasejarah Leang Akkarrasa Rammang-rammang, kompleks Makam Kassi Kebo, kompleks Makam Karaeng Simbang, bangunan pertahanan Jepang, pendopo Pallantikang Karaeng Marusu, dan rumah adat Karaeng Loe Ripakere.

Selain itu, Maros juga memiliki sejumlah obyek wisata agro masing-masing, Taman Safari Pucak, Kawasan Agro Wisata Pucak, dan berbagai jenis Makanan tradisional yang memiliki citarasa khas.

Menurut Hatta, untuk obyek wisata alam Bantimurung akan dikembangkan menjadi kawasan wisata bertaraf internasional dengan membangun sejumlah fasilitas di dalam maupun di luar kawasan berupa hotel, lapangan golf, dan pelataran parkir, sehingga semua kendaraan tidak lagi masuk dalam kawasan wisata yang juga menjadi habitat kupu-kupu tersebut.

Hatta menambahkan, pengunjung yang datang ke obyek wisata alam air terjun Bantimurung akan diangkut dengan bus angkutan wisata yang disediakan pengelola untuk memberi kenyamanan bagi wisatawan sambil menikmati indahnya panorama obyek wisata andalan Sulsel tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.