Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tongkang, Ancaman bagi Jembatan di Kalimantan

Kompas.com - 15/02/2012, 08:57 WIB
Defri Werdiono

Penulis

SANGGAU, KOMPAS.com — Tongkang batubara masih menjadi ancaman bagi sejumlah jembatan di Kalimantan. Ada beberapa jembatan yang cukup sering ditabrak tongkang, padahal kondisi jembatan sudah didesain sedemikian rupa agar aman.

Subagyo, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah VII, di sela-sela peninjauan lokasi bakal Jembatan Tayan dalam rangka road show trans-Kalimantan lintas selatan hari pertama dari Pontianak, Kalimantan Barat, menuju Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Selasa (14/2/2012), mengatakan, beberapa jembatan yang kerap ditabrak tongkang adalah Jembatan Mahakam di Kalimantan Timur, serta Jembatan Hasan Basri dan Jembatan Kalahien di Kalimantan Tengah.

”Penyebabnya mungkin masalah kedisiplinan pengguna sungai. Harusnya kalau jarak antarpilar sudah dibuat 200 meter, seperti Kalahien, aman dari tabrakan, namun ini tetap saja ditabrak,” ujarnya.

Suryadiono, Pejabat Pembuat Komitmen 04 Pontianak-Tayan, mengatakan, jembatan di Sungai Kapuas, Kalimantan Barat, juga tidak luput dari tertabrak tongkang, termasuk tongkang pengangkut minyak sawit mentah (CPO), bauksit, dan kayu.

Baru-baru ini Jembatan Kapuas I juga tertabrak tongkang. ”Untungnya si penabrak tertangkap tangan sehingga mereka diminta memperbaiki,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com