Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Wisata Belanja di Mangga Dua

Kompas.com - 16/02/2012, 21:02 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com – Kawasan Mangga Dua yang terletak di Jakarta Utara bukan sekadar pusat perbelanjaan. Oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Utara, kawasan Mangga Dua masuk dalam 12 destinasi wisata pesisir yang dipromosikan untuk menarik minat wisatawan mancanegara.

Ya, pemerintah daerah sadar akan potensi Mangga Dua sebagai salah satu destinasi wisata belanja di Jakarta. Anda tak akan heran saat berjalan-jalan di kawasan ini, lalu mendengar orang-orang berbincang dalam bahasa Melayu khas orang Malaysia sampai bahasa Arab.

Mangga Dua juga menarik wisatawan lokal terutama dari daerah-daerah luar Pulau Jawa. Di salah satu sudut Mangga Dua yang sering dikunjungi adalah kawasan bisnis Mangga Dua di Jalan Mangga Dua Raya. Terdapat beberapa gedung pusat perbelanjaan ber-AC yang saling berhubungan.

Gedung-gedung ini dihubungkan dengan jembatan penghubung sehingga memudahkan pengunjung yang ingin pergi dari satu gedung ke gedung lainnya. Bisa dibilang pengunjung tak perlu berpanas-panasan di luar ruangan untuk mengitari kawasan bisnis Mangga Dua tersebut.

Hanya saja pengaturannya maupun penghubung antara gedung tersebut lumayan membingungkan untuk yang baru pertama kali ke Mangga Dua. Jika Anda termasuk pengunjung pemula di kawasan Mangga Dua, Anda bisa simak uraian berikut.

Orion Mall Mangga Dua. Mal ini menjual aneka peralatan komputer. Anda bisa membeli personal computer, notebook, dan netbook. Sebagian besar toko di mal ini menjual secara retail. Beberapa toko merupakan distributor resmi dari merek tertentu.

Namun banyak pula yang menjual aneka merek dalam satu toko. Ada baiknya Anda berkeliling beberapa toko terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli. Sehingga Anda bisa membandingkan jenis barang, spesifikasi produk, hingga harga.

Harga seringkali berbeda untuk setiap toko walaupun produk yang dijual sama. Bahkan di beberapa toko, harganya bisa ditawar. Di Orion Mall, Anda juga bisa menemukan aksesoris komputer, kamera, hingga sound system.

Mangga Dua Mall. Dari Orion Mall ke Mangga Dua Mall cukup melewati jembatan penghubung, namanya Jembatan Le Grandeur atau biasa dikenal dengan Jembatan Orion. Anda bisa menemukan jembatan ini di lantai 3 Orion Mall.

Produk yang didagangkan di Mangga Dua Mall tidak jauh berbeda dengan Orion Mall. Namun karena lebih luas, Anda akan menemukan lebih banyak pilihan merek maupun jenis produk baik dari segi tipe, spesifikasi, sampai harga.

Barang-barang yang dijual masih seputar komputer. Namun lebih beragam produk, selain juga aksesoris sampai program software komputer. Anda juga dapat menemukan handphone, alat pijat, dan alat elektronik rumah tangga. Ada pula beberapa toko yang menjual pakaian walaupun tidak dominan. Sama seperti Orion Mall, harga antara tiap toko bervariasi walaupun tidak terlalu jauh beda.

Harcomas Mangga Dua. Dari Mangga Dua Mall menuju Harcomas cukup melewati Jembatan Harcomas-Mangga Dua. Cukup mudah menemukan jembatan yang terletak di lantai 3 ini. Jembatannya pun lumayan lebar.

Masih bertemakan komputer, Harcomas seakan melengkapi keberadaan Orion Mall dan Mangga Dua Mall. Harcomas terkenal sebagai tempat bagi toko-toko yang fokus pada reparasi komputer.

Oleh karena itu beberapa toko juga cenderung menjual aneka suku cadang atau komponen komputer sebagai pengganti komponen komputer yang rusak.

ITC Mangga Dua. Masuk ke ITC Mangga Dua, jika melalui Mangga Dua Mall, maka suasana seakan berubah drastis. Ya, di ITC Mangga Dua merupakan tempat belanja aneka busana. Di daerah ini mulai terasa didominasi oleh kaum hawa.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com