Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Menerbitkan Buku Travel? Baca Tips Ini...

Kompas.com - 19/02/2012, 08:57 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F,
Endang

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penggemar traveling biasanya meninggalkan catatan perjalanan travel di blog atau sekadar menulis singkat di Facebook dan Twitter. Nah, jangan cuma membuat tulisan perjalanan Anda di blog. Apalagi jika Anda memang hobi menulis.

Sudah saatnya Anda menjadi penulis yang tulisannya dijadikan buku dan diterbitkan oleh penerbit. Jangan merasa malu dan berfikir Anda tidak bisa menjadi penulis. Sebab semua orang memiliki kesempatan untuk mewujudkan blog traveling menjadi buku.

Kompas.com sempat mewawancarai Asisten Editor Manajemen Penerbit Elex Media, Wiwin, yang biasa menangani buku-buku traveling. Beberapa buku yang sudah pernah diterbitkan Elex Media adalah buku panduan mengenai wisata di Singapura, Hongkong, Vietnam, dan lain-lain. Berikut beberapa tips menjadi penulis buku traveling yang dibagikan oleh Wiwin.

Tak perlu takut walau penulis amatir. Sebelum menjadi penulis buku sering kali ada perasaan minder dan menganggap diri sebagai penulis amatir atau traveler pemula. Jangan ragu dan takut walaupun Anda masih pemula. Beberapa penerbit tetap menerima penulis amatir.

Penulis akan diajak diskusi terlebih dahulu sebelum menulis atau menerbitkan buku travel terutama mengenai isi yang akan ditulis. Tenang saja, pihak penerbit akan terus membimbing saat penulisan.

Buatlah tulisan sesuai tren pasar. Biasanya penerbit akan tertarik untuk menerbitkan buku travel yang sesuai dengan tren pasar. Diskusikan bersama penerbit, kira-kira pembaca ingin membaca buku travel seperti apa. Tetap sesuaikan dengan destinasi yang memang Anda kenal dan kuasai.

Salah satu yang menjadi tren buku travel adalah mengenai panduan berwisata dengan biaya murah. Perbanyak tips ataupun pengalaman pribadi Anda yang berkesan. Ada pula penerbit yang menugaskan para penulis untuk menulis buku travel sesuai tema yang dibutuhkan penerbit.

Tidak ada syarat khusus. Tidak ada syarat khusus untuk menjadi penulis buku travel. Penulis bisa saja berlatar belakang pelajar, mahasiswa, dosen, ataupun orang berumur pun dapat menjadi penulis.

Ini adalah kesempatan untuk semua kalangan yang ingin menjadi penulis buku. Hal terpenting, Anda senang menulis dan tentu saja penggila traveling.

Sering kirim tulisan ke penerbit. Sering-seringlah mengirim tulisan ke berbagai penerbit. Kalau Anda sudah mempunyai banyak tulisan di blog atau sudah banyak menulis di buku harian, kumpulkanlah tulisan tersebut. Lalu tulis kembali dalam format word.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com