Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Danau Anaeuk Laot Dikembangkan Jadi Obyek Wisata

Kompas.com - 22/02/2012, 16:27 WIB
Defri Werdiono

Penulis

SABANG, KOMPAS.com- Danau Anaeuk Laot di Sabang saat ini tengah dikembangkan menjadi salah satu tujuan wisata di kawasan barat provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Selama ini, danau seluas sekitar 5 kilometer persegi itu dimanfaatkan sebagai sumber air bagi warga Kota Sabang.

Kondisi air danau sendiri kini berkurang dibanding delapan tahun silam. Gempa bumi dan tsunami yang terjadi tahun 2004 lalu diperkirakan telah membuat lapisan tanah di danau itu retak sehingga air sedikit menyusut.

"Meski airnya berkurang, suplai air ke warga masih normal. Sejauh ini belum ada penelitian soal berkurangnya air," ujar Dayana, Kepala Bidang Sarana dan Pengembangan Produk Wisata dan Yunita Herawati staf pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang, Rabu (22/2/2012), dalam fam trip bersama Garuda Indonesia di Sabang.

Sabang memiliki sejumlah obyek wisata dengan kondisi alam yang elok, mulai dari pantai dengan terumbu karang dan pemadangannya menawan, Tugu Kilometer Nol yg merupakan titik awal Indonesia dari kota Sabang, dan Goa Sarang peninggalan Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com