Mari... Mari... Datanglah ke Ambon

Kompas.com - 23/02/2012, 16:56 WIB
EditorI Made Asdhiana

AMBON, KOMPAS.com - Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu menyatakan Ambon, Ibu Kota Provinsi Maluku siap menjadi kota tujuan wisata tingkat nasional maupun internasional. "Ambon siap menjadi destinasi wisata domestik maupun mancanegara, hal ini terbukti dengan kunjungan kapal pesiar asing," kata Ralahalu dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Daerah Maluku, Ros Far-Far, saat menyambut kedatangan 600 wisatawan kapal pesiar Amadea, di Ambon, Kamis (23/2/2012).

Menurut Ralahalu, pascakonflik 11 September 2011, kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara mengalami penurunan. Kunjungan kapal pesiar berbendara Jerman hari ini dipastikan membawa dampak positif.

Kota Ambon semakin menunjukan eksistensinya sebagai salah satu kota tujuan wisata di Indonesia, dengan kunjungan tiga kapal pesiar, yakni Discovery dan Spirit of Adventure (Amerika) dan Amadea (Jerman). "Kunjungan tiga kapal pesiar ini merupakan kebanggaan bagi masyarakat Maluku khususnya Kota Ambon, karena ini merupakan jaminan kepada wisatawan lainnya bahwa Ambon aman untuk dikunjungi" ujarnya.

Ralahalu mengatakan, kunjungan ini juga merupakan upaya mempromosikan pariwisata dan kebudayaan Ambon kepada keluarga maupun sahabat saat kembali ke negara asal. "Kami berharap wisatawan itu dapat menceritakan kondisi Ambon yang aman, serta dapat mempromosikan kepada sahabat dan kerabat di negara masing-masing, karena telah menyaksikan sendiri kebenaran informasi tersebut," kata Ralahalu.

Diakui gubernur, Ambon kaya akan obyek wisata alam, budaya dan sejarah. Wisata alam terkenal dengan obyek wisata pantai yang indah dan menarik untuk dikunjungi, seperti Pintu Kota, Namalatu, Natsepa, Hukurila, dan Hunimua. Wisata budaya, memiliki musik dan tari-tarian tradisional, di samping keanekaragaman budaya lainnya yang unik seperti tatanan kehidupan persaudaraan yang dikenal dengan nama Pela Gandong.

Nakhoda kapal pesiar Amadea, Hubert Flohr menyampaikan apresiasi atas sambutan dari Pemprov Maluku, Pemkot Ambon, serta semua warga kota atas kedatangan kapal pesiar berbendera Jerman itu.

Hubert mengatakan, dalam perjalanan selama 138 hari mengelilingi dunia, Kota Ambon merupakan salah satu kota tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. "Kunjungan ini merupakan kesempatan yang tidak boleh dilewatkan untuk menikmati keindahan obyek wisata serta keramahan masyarakat Ambon," kata Hubert Flohr.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.