Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2013 Jateng Targetkan 25 Juta Wisman

Kompas.com - 25/02/2012, 16:48 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kunjungan wisatawan ke Jawa Tengah terus mengalami kenaikan, hanya saja angka peningkatannya tidak signifikan. Oleh karena itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Tengah mencanangkan program promosi "Visit Jawa Tengah 2013".

"Di tahun 2013, kami targetkan jumlah kunjungan wisnus (wisatawan nusantara) 25 juta dan wisman (wisatawan mancanegara) 500 ribu orang," kata Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Jateng, Budiyanto, pada acara Dafam Hotel Management Media bersama Disbudpar Jawa Tengah, di Jakarta, Jumat (24/2/2012) malam.

Budiyanto mengungkapkan pada 2011, capaian kunjungan wisnus sebesar 21 juta perjalanan dengan lama tinggal rata-rata 1,48 hari. Sementara untuk wisman mencapai 381 ribu perjalanan dengan lama tinggal rata-rata 2,05 hari.

Sementara itu, Managing Director Dafam Hotels and Resorts, Andy Irawan menyebutkan selama ini Jawa Tengah mengerucutkan destinasi wisata yang dipromosikan menjadi 4 destinasi, yaitu Candi Borobudur, Dieng, Karimunjawa, dan Batik. Padahal, ungkapnya, ada 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah.

"Siapa yang tidak kenal Borobudur. Kami harapkan turis yang ke Borobudur masuknya dari Solo, keluar dari Semarang," ungkap Andy.

Pihak Disbudpar Jawa Tengah telah membuat pola perjalanan wisata dengan destinasi unggulannya berupa Semarang-Karimunjawa, Borobudur-Dieng, Nusakambangan-Baturaden, Solo-Sangiran.

Sedangkan berbagai kegiatan dan festival disiapkan untuk "Visit Jawa Tengah 2013". Selain juga pihak provinsi melakukan pembangunan infrastruktur dan aksesibilitas untuk menunjang pariwisata Jawa Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com