Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Pertahankan Petral

Kompas.com - 01/03/2012, 18:39 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Manajemen PT Pertamina (Persero) menolak desakan sejumlah pihak untuk membubarkan PT Pertamina Energy Trading Ltd, anak perusahaan Pertamina.

Manajemen Pertamina tetap mempercayakan kegiatan pengadaan minyak mentah perseroan itu kepada Petral.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan menegaskan, PT Pertamina Energy Trading (Petral) Ltd, anak perusahaan Pertamina, tetap beroperasi secara normal sebagai sole trading arm. Jadi Petral merupakan satu-satunya anak perusahaan yang melaksanakan kegiatan pengadaan minyak mentah Pertamina.

Oleh karena itu, Pertamina sebagai induk perusahaan mendukung sepenuhnya operasional Petral. Petral masih tetap menjalankan fungsinya dalam pengadaan minyak mentah maupun produk BBM untuk kebutuhan dalam negeri.

”Semua transaksi bisnis tetap berjalan normal seperti biasa dan Petral yang 100 persen sahamnya dikuasai Pertamina mendapatkan dukungan penuh dari perseroan dalam menjalankan bisnis tersebut,” kata Karen Agustiawan dalam siaran pers, Kamis (1/3), di Jakarta.

Keberadaan Petral sebagai sole trading arm, yang sekaligus menjalankan fungsi market intelligent bagi Pertamina, merupakan best practices dalam bisnis trading minyak mentah dan produk BBM yang terjadi di pasar global.

Bahkan, dengan dukungan kompetensi yang dimiliki Petral, Pertamina melakukan efisiensi pengadaan minyak mentah dan produk BBM senilai 283 juta dollar AS selama 2011 lalu.

”Petral telah melakukan transformasi bisnis dan memiliki sistem yang baik dalam menjalankan fungsinya. Petral telah menerapkan prinsip-prinsip good corporate governance,” kata dia.

Sebagaimana induk perusahaan, Petral juga telah diaudit lembaga audit terkemuka Ernst and Young. ”Kami sangat terbuka untuk mempersilakan BPK sebagai auditor negara untuk melakukan audit apabila diperlukan audit lebih jauh,” ujarnya menegaskan.

Petral saat ini tercatat sebagai perusahaan peringkat 8 besar dari 1.000 perusahaan terbesar yang menjalankan bisnisnya di Singapura. Ini berarti peringkatnya di atas GS Caltex Singapore Pte Ltd (ke-9), Sinochem International Oil (Singapore) Pte Ltd (ke-12), Petrobras Singapore Private Limited (ke-16).

Adapun Shell Eastern Petroleum (Pte) Ltd menempati peringkat ke-17, ConocoPhillips International Trading Pte Ltd (ke-37), dan Singapore Petroleum Company Limited (ke-42). Pemeringkatan itu berdasarkan 25th Annual Ranking Edition yang dikeluarkan oleh Singapore 1000 & SME 1000 tahun 2012.

Petral juga merupakan salah satu dari sedikit perusahaan yang mendapatkan corporate tax incentive dengan tarif 5 persen dari besaran normal 17,5 persen.

Saat ini Petral telah mengembangkan bisnis di samping sebagai pemasok utama Pertamina untuk mendukung ketahanan energi nasional. Hal ini diharapkan akan menjadikan Petral sebagai salah satu pemain utama bisnis trading minyak mentah dan BBM di pasar regional. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com