Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikan Wader Pak Abas, Renyah dan Gurih...

Kompas.com - 03/03/2012, 17:14 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Sudahkah Anda merasakan ikan goreng Wader? Kalau belum, mampirlah di warung makan Pak Abas yang ada di perbatasan Kecamatan Boja-Singorojo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Warung makan yang terletak didaerah atas Kabupaten Kendal ini, menyajikan gorengan ikan Wader, yang hidup di sungai tersebut. Rasanya, gurih dan renyah. Satu porsi, lengkap dengan nasi dan es teh, hanya Rp 12.000.

Menurut Ibu Abas, pengelola warung makan Pak Abas, dirinya sudah berjualan ikan goreng Wader sekitar 15 tahun lalu. Sampai kini, penggemarnya sangat banyak.

Tapi sayang, katanya, sekarang ini untuk mendapatkan ikan Wader itu, sangat susah. Kalau dulu sebelum tahun 1990 bisa mendapatkan minimal 15 kg dari pencari ikan kali, sekarang ini paling banter hanya 10 kg per hari.

Apalagi bila musim hujan, bisa mendapat 5 kg ikan Wader sudah bisa dikatakan baik. "Kami buka jam enam pagi. Tapi sekitar jam setengah dua belas, menu ikan goreng Wader sudah habis," kata bu Abas.

Untuk menghilangkan rasa kecewa pelanggan, warung makan Pak Abas menambah menu makanan yakni pecel dan nasi rames.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com