Membidik Wisata Kapal Pesiar di Miami

Kompas.com - 06/03/2012, 07:39 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu wisata minat khusus yang akan gencar dipromosikan oleh Indonesia adalah kapal pesiar. Oleh karena itu, pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan memimpin delegasi untuk berpartisipasi dalam pameran Cruise Shipping Miami pada pertengahan Maret 2012.

“Kenapa ke Miami, karena kami ingin mendorong wisata kapal pesiar. Apalagi setelah diterbitkannya Perpres No. 79 tahun 2011 tentang Kunjungan Kapal Wisata Asing (Yacht) ke Indonesia, kami akan pimpin delegasi ke pameran Cruise Shipping Miami yang merupakan event trade show terbesar untuk industri kapal pesiar,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu pada jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (5/3/2012).

Pada tahun 2011, pameran tersebut dihadiri 11.000 pengunjung dengan 900 peserta pameran dari 115 negara. Indonesia sendiri sudah berpartisipasi dalam pameran tersebut selama 10 tahun. Namun, partisipasi kali ini terbilang istimewa. Sebab, pada awal tahun 2012, Pelabuhan Benoa di Bali, sudah dapat dimasuki oleh kapal ukuran besar. Hal ini dipandang mampu menambah daya tarik Indonesia untuk kapal pesiar.

Sementara itu Sekretaris Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenparekraf, Achyaruddin menyebutkan sebenarnya semua pelabuhan di Indonesia dapat melayani kapal pesiar. Namun, hal tersebut tergantung lagi pada kebutuhan pasar.

“Sekarang pasar lagi tertarik pada Bali, Larantuka, Maluku Utara, Belawan, Tanjung Emas, Tanjung Perak, dan Tanjung Priok,” jelasnya.

Ia mengungkapkan walaupun pelabuhan tidak bisa disandari kapal pesiar besar, bisa saja masuk ke destinasi dengan melepas jangkar di tengah laut.

“Seperti di Komodo, Manggarai Barat. Kapal masuknya melalui laut, penumpang turun di tengah laut dan naik fender,“ ungkap Achyaruddin.

Kunjungan kapal pesiar internasional ke Indonesia di tahun 2011 mencapai 177 kunjungan dengan total jumlah penumpang  113.246 orang. Dari segi jumlah kunjungan mengalami penurunan jika dibandingkan tahun 2010 yaitu sebanyak 189 kunjungan. Namun, dari segi jumlah penumpang mengalami peningkatan yaitu dari 94.228 di tahun 2010.

Angka ini menunjukan adanya perubahan dimensi dan ukuran kapal pesiar yang singgah di Indonesia dari kapal ukuran menengah dengan kapasitas 300-700 orang, menjadi kapal berukuran besar dengan kapasitas 2.500 penumpang. Selain itu, Indonesia memiliki sekitar 70 destinasi yang disinggahi kapal pesiar.

Tahun 2012, terdapat 200 jadwal kunjungan kapal pesiar dengan jumlah penumpang diperkirakan mencapai 118.800 orang. Sementara pada 16-17 Januari 2012, kapal Legend of The Seas sepanjang 264 meter dari Royal Carribean International merapat di Pelabuhan Benoa, Bali. Hal ini merupakan kali pertama kapal dengan ukuran besar dapat merapat di dermaga pelabuhan Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.