Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi The Vikings, Berendam di Laut nan Beku...

Kompas.com - 06/03/2012, 07:52 WIB

KOMPAS.com - Kata 'Viking' adalah sebutan untuk orang-orang di negara-negara Skandinavia yang identik dengan bajak laut. Menurut sejarah, sebagian dari mereka menetap di tempat dimana mereka berlabuh, menjadi pedagang dan petani.

Skandinavia adalah sebuah daerah di utara Eropa yang terdiri dari Norwegia, Swedia dan Denmark. Dari segi budaya dan sejarah pada masa modern, Finlandia, Islandia dan Kepulauan Faroe juga dikenal sebagai bagian dari negara-negara Skandinavia.

Danes (sebutan untuk orang Denmark) mempunyai kesadaran berolah raga yang tinggi. Tiada hari tanpa olah raga. Sehari-hari mereka sudah bersepeda ke kantor, sekolah, kafe, clubbing, dan lain-lain. Namun ini tidak cukup. Bagi mereka, sepeda adalah alat transportasi, bukan olah raga. Jadi mereka tambah dengan exercise lain seperti nge-gym, renang, lari keliling blok atau sekitar pantai, yoga dan lain-lain.

Malam di musim dingin lebih panjang waktunya ketimbang di musim panas. Bisa-bisa, matahari bersinar mulai pukul 9 dan terbenam sekitar pukul 3 sore. Tapi kondisi ini tidak membuat mereka malas berolah raga. Salah satu contoh olah raga yang dilakukan Danes di musim dingin adalah ‘Det kolde gys’ atau ’The cold shiver’.

Pada tahun 1929, sekelompok perenang (bather) mendirikan kelompok renang musim dingin. Mereka menyebut diri mereka ’The Vikings’. Klub ini hingga kini mempunyai anggota sekitar 2.000 orang dan 500 orang aktif melakukan ’Det kolde gys’.

Ketika musim dingin tiba, suhu bisa mencapai -20 derajat celcius. Berbeda dengan air tawar yang berubah menjadi es ketika suhu mencapai 0 derajat celcius, suhu laut harus berada di bawah -1,8 derajat celcius untuk bisa membeku.

Kandungan garam di laut lah yang memperlambat proses pembekuan. Air laut yang mengandung garam 'tenggelam' meninggalkan permukaan laut yang membeku.

Para viking ini menggali lubang semacam sumur di permukaan laut yang membeku dan menyediakan tangga untuk turun ke dalam. Jadi yang mereka lakukan adalah, turun melalui tangga tersebut lalu berendam sekitar 2-10 detik tanpa sehelai pakaian atau hanya selembar baju renang.

Bukan hanya pria, wanita anggota klub juga melakukan hal yang sama di area khusus wanita.

Pertama kali berendam sangat terasa dinginnya menusuk badan. Terdengar teriakan para pemula di permukaan setelah beberapa detik berendam di dalam air. Para pemula di kelompok ini disebut 'The Weaklings' atau Si Lemah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com