Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pariwisata Ternate Andalkan Peninggalan Sejarah

Kompas.com - 07/03/2012, 15:33 WIB

TERNATE, KOMPAS.com - Peninggalan sejumlah aset sejarah di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) akan menjadi andalan Pemkot Ternate guna mendukung penyelenggaraan Sail Indonesia di Pulau Morotai pada September 2012.

"Kota Ternate memiliki tujuh benteng peninggalan kolonial sebagai simbol sejarah akan dijadikan sebagai andalan dalam menarik minat kunjungan wisatawan dari dalam dan luar negeri yang datang pada acara Sail Indonesia di Pulau Morotai," kata Kabag Humas dan Protokoler Pemkot Ternate, Tamrin Marsaoli di Ternate, Rabu (7/3/2012).

Menurut Tamrin, peninggalan sejarah tersebut berupa benteng peninggalan kolonial dan Kedaton Kesultanan Ternate sebagai simbol bahwa Ternate akan dijadikan sebagai kota pariwisata sejarah yang diandalkan pada penyelenggaraan Sail Indonesia di Pulau Morotai.

Apalagi Pemkot Ternate telah mencanangkan pada tahun 2012 dijadikan sebagai kota wisata religus dan pariwisata sejarah dengan membangun berbagai infrastruktur, salah satunya Masjid Raya Al-Munawwar termegah di Provinsi Malut yang dapat menampung sekitar ribuan jamaah.

Pemkot Ternate juga saat ini akan membangun pusat perdagangan kuliner di depan eks Kantor Gubernur Malut dan membangun water boom di kawasan Kayu Merah sebagai salah satu tempat rekreasi terbesar di Malut.

Berbagai upaya telah dilakukan Pemkot Ternate, diantaranya pembangunan museum Kedaton Kesultanan Ternate, pemberdayaan balai bahasa daerah serta revitalisasi sejumlah benteng peninggalan kolonial di Ternate, seperti Benteng Ford Oranye.

Tamrin mengatakan, Pemkot Ternate telah mengagendakan sejumlah kegiatan festival budaya, seperti festival Kora-Kora (perahu tradisional), festival ela-ela dan Legu Gam bekerja sama dengan Kesultanan Ternate.

Pemkot Ternate juga terus menggalakkan promosi potensi pariwisata, baik melalui jaringan internet maupun dengan cara melakukan promosi langsung ke sejumlah daerah tujuan wisata di Indonesia, seperti di Bali dan kota lainnya di Indonesia.

Pemkot Ternate menjadikan sektor jasa sebagai salah satu sumber pendapatan daerah dan salah satu sektor jasa yang diandalkan adalah pariwisata. Adanya sejumlah pengusaha yang membangun hotel bintang empat serta semakin banyaknya perusahan penerbangan yang membuka rute penerbangan dari dan ke Ternate diharapkan akan semakin mendukung pengembangan sektor pariwisata di daerah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com