Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Pemda se-Indonesia Ikut Pameran Pariwisata Internasional

Kompas.com - 07/03/2012, 16:29 WIB
Pingkan E Dundu

Penulis

BERLIN, KOMPAS.com - Kontingen Indonesia ikut berpartisipasi dalam ajang Bursa Pariwisata Internasional (Internationale Tourismus Borse/ITB) di Messe, Berlin, Jerman, Rabu (7/3/2012) - Minggu (11/3/2012).

"Ada sembilan pemerintah daerah, kota, kabupaten, dan provinsi di Indonesia yang ikut berpartisipasi pada ITB tahun ini. Selain itu, sekitar 62 industri pariwisata juga ikut berpartisipasi dalam ajang kali ini," kata Direktur Promosi Luar Negeri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Nia Niscaya kepada wartawati Kompas Pingkan Elita Dundu, di sela-sela persiapan pembukaan Paviliun Indonesia, Rabu (7/3/2012) pagi (waktu setempat, 6 jam lebih mundur dari waktu Jakarta).

Ke-9 Pemda itu adalah Kabupaten Sarmi dan Bintang (Papua), Sleman (Jawa Tengah), Badung (Bali), serta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta.

Kontingen dari Indonesia ini, jelas Nia, di luar Bali Village. "Lahan untuk Indonesia sangat terbatas, hanya 410 meter square. Jadi untuk sebagian industri menempati lokasi Paviliun Bali Tourism, yang letaknya bersebelahan dengan Paviliun Indonesia ," jelas Nia.

Kepala Seksi Promosi wilayah Eropa Barat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Molly Prabawati mengatakan, tahun ini jumlah peserta ITB dari pemerintah daerah, baik kota, kabupaten, dan provinsi lebih banyak dari tahun 2011 lalu, yakni 5 pemerintah daerah.

Sementara, jumlah industri yang ikut serta pada ITB tahun ini turun dibanding ajang serupa tahun lalu, yang diikuti 82 industri. "Sebagian industri ikut dengan Bali Tourism karena keterbatasan lahan Indonesian" kata Molly. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com