Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sawahlunto Targetkan Satu Juta Wisatawan

Kompas.com - 08/03/2012, 17:28 WIB

SAWAHLUNTO, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar), menargetkan sebanyak satu juta wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, yang berkunjung ke daerah itu pada 2013.

Wali Kota Sawahlunto, Amran Nur, di Sawahlunto, Kamis (8/3/2012) mengaku optimistis target itu dapat dicapai karena kemajuan dan terobosan yang dilaksanakan di bidang kepariwisataan cukup signifikan.

Kemajuan di bidang kepariwisataan tersebut terlihat dari peningkatan kunjungan wisatawan ke Sawahlunto. Pada tahun 2005, jumlah pengunjung hanya 37.000 orang, namun tahun 2010 tercatat sebanyak 645.020 orang, sedang pada 2011 mencapai 700.000 orang.

Amran berharap sarana wisata berupa kereta gantung (skylift) dan "Dreamland" di pusat hiburan di kota Sawahlunto bisa selesai pada tahun 2012.

Selain itu, Amran juga menginginkan penerapan strategi pengelolaan beberapa obyek wisata hiburan secara profesional oleh PT Wahana Wisata Sawahlunto, seperti waterboom dan Resor Kandi segera dilakukan.

Sementara obyek yang bersifat spesifik tetap dikelola pemerintah, seperti Kawasan Kota Lama, Museum Goedang Ransoem, Museum Kereta Api, dan Lubang Mbah Suro. "Obyek wisata hiburan keluarga dikelola swasta, sedangkan wisata budaya dan sejarah tetap dikelola pemerintah," kata Amran.

Amran menyebutkan, motto dalam membangun kepariwisataan selalu menjadi nomor satu, seperti pacuan kuda nomor satu terbaik di Sumbar, waterboom pertama di Sumbar, sirkuit road race permanen nomor satu di Sumatera. "Insya Allah skylift yang akan dibangun di Sumatera itu segera direalisasikan," kata Amran.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com