Jalan-jalan di Gianyar, dari Patung Bali sampai Sawah Berundak

Kompas.com - 09/03/2012, 12:55 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Pariwisata menjadi lokomotif ekonomi Kabupaten Gianyar, Bali. Pada tahun 2010 pendapatan daerah mencapai Rp 210 miliar, 70 persennya berasal dari pariwisata. Jika Anda berminat wisata di Gianyar, ada lima zona wisata di kabupaten tersebut. Secara administrasi, Gianyar memiliki 7 kecamatan.

“Saya tidak lihat batas administrasi tapi karakter wilayah,” ungkap Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati baru-baru ini.

Di selatan Gianyar terdapat kawasan Pasar Sukawati sebagai pusat perdagangan seni. Kawasan ini juga sebagai pintu masuk wisatawan dari arah Denpasar. Pecinta wisata belanja silahkan mampir ke kawasan selatan Gianyar. Aneka pakaian khas Bali, ukiran dan patung Bali, sampai lukisan bisa Anda dapatkan di sini. Rencananya pasar seni tersebut akan direlokasi. Pasar tersebut sendiri tetap dipertahankan menjadi pasar tradisional.

“Yang akan direlokasi adalah pasar seni,” tutur Tjokorda.

Sementara itu di Gianyar bagian utara dipertahankan sebagai konservasi pertanian. Kawasan di utara ini fokus pada agrowisata. Apalagi pertanian Bali memiliki keunikan berupa sistem subak. Di utara terdapat obyek wisata Tegalalang. Di sini turis bisa melihat sawah berundak.

Sedangkan bagian barat Gianyar merupakan zona Tampaksiring dan Blahbatuh sebagai tempat konservasi purbakala. Di sini terdapat peninggalan purbakala seperti Gunung Kawi dan Goa Gajah. Penggemar wisata sejarah wajib datang ke kawasan ini. Bahkan, pihak pemerintah daerah tengah mengupayakan pengajuan ke UNESCO untuk menjadikan kawasan tersebut sebagai world heritage.

Di timur Gianyar yang merupakan ibu kota kabupaten tersebut, menurut Tjokorda terdapat tempat surfing yang dikenal sebagai satu-satunya lokasi surfing malam hari di Bali. Cocok bagi Anda penggemar wisata bahari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nama pantai tersebut adalah Keramas Golden Beach sebagai tempat surfing. Keunggulan surfing di pantai ini adalah tidak mengenal cuaca. Peselancar juga dapat melakukan aktivitas selancar baik di siang hari maupun malam.

Di Gianyar bagian tengah merupakan kawasan Ubud yang tepat bagi para penggemar wisata budaya. Menurut Tjokorda, kawasan Ubud sudah berkembang sebagai kawasan pariwisata sejak tahun 1930-an. Di sini, turis dapat mengikuti dan melihat beragam aktivitas budaya khas Bali.

Salah satunya adalah proses pelebon keluarga raja. Keunikan pembakaran jenazah tersebut adalah masih lestarinya penggunaan tempat jenazah dengan tinggi mencapai lima meter. Menurut Tjokorda, hal ini tidak semata-mata karena faktor ekonomi yang memang memungkinkan, tetapi dukungan masyarakat setempat.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.