Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aneka Festival Wisata dari Aceh sampai Papua

Kompas.com - 11/03/2012, 07:30 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Ke manakah Anda berwisata di Indonesia pada tahun ini? Aneka acara dan festival wisata siap digelar pada tahun 2012. Beberapa merupakan acara yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Pada prinsipnya masih melanjutkan event-event tahun lalu,” ungkap Direktur Promosi Dalam Negeri Kemenparekraf, M. Faried di Jakarta baru-baru ini.

Di Pulau Sumatera, beberapa event tersebut antara lain Sabang International Regatta II di Aceh, Festival Tari Seudati Bireuen di Aceh, Musi Triboation di Sumatera Selatan, Pasar Wisata TIME di Lampung, ASEAN Jazz Festival IV di Batam, Jazz on The Beach di Bangka Belitung, dan Tour de Singkarak IV di Sumatera Barat.

Sementara itu di Pulau Jawa akan diselenggarakan Festival Tangkuban Perahu di Jawa Barat, Festival Musik Bambu Nusantara VI di Jakarta, Apresiasi Wonderful Indonesia 2012 di Jakarta, Visual Musik Nusantara di Jawa Timur, Pesta Kesenian Rakyat Pacitan di Jawa Timur, dan Borobudur Jazz Festival II di Jawa Tengah.

Di Nusa Tenggara Barat akan menjadi tempat penyelenggaraan Lombok Sumbawa Pearl Festival IV. Di Bali akan berlangsung Festival Seni Jembrana, Festival Kopi, dan Festival Kintamani di Danau Batur. Borneo Extravaganza IV rencananya akan bertempat pula di Jakarta.

“Tahun 2010 diselenggarakan di Bali. Kalau tahun genap dibawa keluar Kalimantan, bergiliran di ibu kota provinsi, kalau tahun ganjil namanya Pesona Borneo diselenggarakan di Kalimantan,” jelas Faried.

Faried menuturkan pihaknya ingin mendorong festival wisata di wilayah timur. Oleh karena itu, beberapa festival sudah disiapkan untuk wilayah Indonesia timur. Di Nusa Tenggara Timur akan diselenggarakan Festival Indonesia Timor Leste II di Atambua. Festival Indonesia Timor Leste ini akan menjadi ajang kekerabatan antara Indonesia dan Timor Leste. Aneka kegiatan seperti festival sasando, olahraga, dan kesenian khas masing-masing negara akan ditampilkan dalam festival tersebut.

Sementara itu, di Maluku berlangsung Sail Morotai 2012 dan Festival Legu Gam. Di Papua akan berlangsung Festival Danau Sentani. Festival lainnya di Papua adalah Festival Raja Ampat dan Festival Lembah Baliem. Keduanya merupakan festival tahunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com