Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mak Itam Masih Jadi Ikon Sawahlunto

Kompas.com - 12/03/2012, 15:59 WIB

SAWAHLUNTO, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, tetap menjadikan lokomotif uap "Mak Itam" sebagai salah satu ikon dalam Tour de Singkarak (TdS) pada Juni 2012. "Tahun ini Mak Itam masih jadi ikon untuk menyukseskan Tour de Singkarak," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Sawahlunto, Medi Iswandi, di Sawahlunto, Senin (12/3/2012).

Menurut Medi, ada beberapa perbedaan dibanding tahun kemarin. Sebelumnya Mak Itam hanya mengantarkan dari Kota Lama hingga stasiun Cintomoni yang hanya berjarak lebih kurang 10 kilometer.

Tahun ini, lanjut Medi, kereta api ini akan membawa peserta, official, dan undangan dari Kota Padangpanjang ke Sawahlunto melewati Danau Singkarak. "Saat mengantar, para peserta dapat menikmati keindahan alam sepanjang jalur kereta api, yang menghadirkan wisata alam yang terkenal indah. Sementara dari Padang ke Padangpanjang, menggunakan angkutan khusus," kata Medi.

Medi menyebutkan, saat sampai di Sawahlunto, peserta, official dan undangan langsung disambut dengan atraksi kesenian multietnis. "Tidak hanya tarian dari Minang, peserta dan tamu juga disambut dengan tarian dari kesenian Jawa dan Batak," katanya.

Tidak hanya sampai disana, peserta juga diajak mengunjungi setiap obyek wisata yang ada di kota yang di kenal dengan sebutan Kota Kuali ini. "Siangnya diajak city tour ke obyek wisata budaya," tambah Medi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com