Festival Pasola, Daya Tarik Wisata Sumba Barat

Kompas.com - 12/03/2012, 16:58 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

WAIKABUBAK, KOMPAS.com - Wisata budaya menjadi andalan produk wisata di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Menurut Anisa Umar dari Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Sumba Barat, salah satu daya tarik wisata budaya adalah Festival Pasola.

"Kendalanya di promosinya, karena penentuan tanggalnya agak ribet. Waktu untuk promosi jadi singkat. Biasanya 2 minggu sebelum Pasola, baru dapat tanggalnya," tutur Anisa di Waikabubak, ibu kota Kabupaten Sumba Barat, kepada Kompas.com, Senin (12/3/2012).

Ia menjelaskan penentuan Festival Pasola berdasarkan bulan serta melalui rapat para Rato (pendeta adat). Selain itu, lanjutnya, penentuan juga dengan cara melihat tumbuhan-tumbuhan tertentu yang berbunga pada saat menjelang Festival Pasola.

Festival Pasola merupakan festival tahunan yang dirayakan masyarakat Sumba Barat saat memulai masa tanam. Dalam perayaan ini, masing-masing kampung akan beradu ketangkasan dengan menunggang kuda sambil melempar lembing ke lawan sampai lawan berdarah.

Perayaan ini sebenarnya untuk menyambut masa panen dan memprediksi hasil panen. Semakin banyak darah keluar saat Pasola, masyarakat setempat percaya hal itu berarti hasil panen berlimpah. Tahun ini, Festival Pasola dirayakan pada 14 Maret 2012.

Di Sumba Barat, Pasola berlangsung tiga kecamatan yaitu Wanokaka, Lamboya, dan Gaura. Pagi hari sebelum Pasola, diadakan tradisi nyale. Sementara malam ini, ritual Pajura akan diselenggarakan di Tentena, Kecamatan Wanokaka.

Ritual Pajura masih satu rangkaian dengan Pasola. Pajura merupakan adu tinju antar kampung. Para peninju adalah anak-anak muda dengan menggunakan sarung tinju terbuat dari alang-alang. Ritual ini akan berlangsung pada dini hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.