Ke Disneyland Hong Kong dengan Kereta Cepat Disney

Kompas.com - 14/03/2012, 06:13 WIB
|
EditorBenny N Joewono

Dalam rangka memperkenalkan wahana terbarunya, Toy Story Land, Disneyland Hong Kong, 6 Maret 2012 lalu, mengundang 13 media massa Indonesia (tiga surat kabar, empat situs berita online,  lima majalah/tabloid dan satu stasiun televisi) untuk mencicipi wahana baru tersebut, sekaligus merasakan keajaiban Disneyland Resort Hong Kong yang berlokasi di pulau Lantau, Hong Kong. Berikut laporan wisata wartawan KOMPAS.com Iskandar Zulkarnaen.

***

Udara dingin dengan temperatur sekitar 18 derajat celsius menyambut 14 orang wartawan Indonesia dan satu orang konsultan kehumasan yang sore itu tiba di Bandar Udara Internasional Hong Kong (HKIA). Ketika BlackBerry saya aktifkan, jam digital berubah satu jam lebih cepat dari sebelumnya, menjadi pukul 15:50. Perjalanan lima jam di atas pesawat Garuda Indonesia terasa nyaman, apalagi jarak tempuhnya tidak terlalu lama.

Hong Kong di musim semi memang terasa sangat dingin dan basah. Hujan turun setiap saat, meskipun lebih didominasi hujan bercurah sedang sehingga tidak terlalu menghambat aktifitas harian. Tapi berbeda dengan suhu Indonesia yang lembab dan masih disengat sinar matahari, udara di Hong Kong benar-benar dingin. Dinginnya melebihi udara di puncak kawasan Puncak, Bogor.

Saya baru benar-benar merasakan dinginnya kota ini ketika bis yang menjemput rombongan berhenti di depan hotel Hollywood Disney, tempat rombongan menginap selama berada di kawasan Disneyland Resort Hong Kong. Begitu keluar bis, udara alam nan sejuk terasa jauh lebih dingin dari AC di dalam bis.

1331648398880560468
Seorang anak bermain di stasiun Sunny Bay, Hong Kong, sambil menunggu kedatangan kereta khusus Disney. (KOMPAS.com/iskandarjet)
  
1331648524365823727
Kereta api khusus Disney siap mengantar Anda menikmati keajaiban Disneyland. (KOMPAS.com/iskandarjet)

Hong Kong Disneyland Resort merupakan satu dari beberapa resort terbaik di Hong Kong. Kawasan didesain sebagai sebuah komplek hiburan penuh keajaiban untuk keluarga. Di sinilah satu dari hanya lima taman bermain Disneyland berada.

Walt Disney Company, bekerjasama dengan pemerintah Hong Kong, sengaja menghadirkan keajaiban Disney, bahkan sebelum pengunjung menjejakkan kaki di Disneyland. Dari HKIA, Anda bisa menggunakan kereta cepat Mass Transit Railway (MTR) menuju stasiun Sunny Bay.

1331649256209185929
Kawasan Disneyland Resort Hong Kong yang hijau dan tertata rapi. (KOMPAS.com/iskandarjet)
 

Dari Sunny Bay, kereta api khusus bertema Disney akan mengantar Anda langsung menuju kawasan Disneyland Resort. Anak-anak akan senang menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan lewat jendela berbentuk kepala Mickey. Bila menggunakan transportasi bis atau kendaraan pribadi, rambu-rambu dengan karakter kartu Disney akan menyapa Anda di sepanjang jalan.

Di komplek yang berjarak kurang dari setengah jam dari pusat kota Hong Kong ini terdapat dua hotel, yaitu hotel Disneyland Hong Kong dan hotel Hollywood Disney. Kedua hotel itu terhubung satu sama lain ke Disneyland Park, wahana hiburan utama di kawasan, oleh layanan bis gratis yang berputar di ketiga titik setiap saat.

1331648633628755291
Ruang resepsionis di hotel Hollywood Disney Hong Kong (KOMPAS.com/iskandarjet)

Meskipun sama-sama berstatus hotel bintang lima, kedua hotel tersebut memiliki konsep hunian dan pelayanan yang berbeda. Hotel Hollywood Disney lebih menonjolkan karakter Disney dalam film-film yang diproduksi oleh Hollywood. Nuansa Hollywood sudah terasa di bagian lobi hotel, khususnya di ruang resepsionis yang luas dan memanjang. Citra Hollywood dalam bentuk gambar penuh cahaya menutupi bagian latar penerimaan tamu.

Karena didesain sebagai tempat bersantai untuk keluarga, kebutuhan kamar disediakan untuk tiga orang, yaitu ayah, ibu dan anak. Ini bisa dilihat dari perlengkapan kamar yang berjumlah tiga buah, termasuk dua pasang alas kaki dewasa dan satu alas kaki untuk anak.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X