Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Legu Gam Akan Dihadiri Sultan Johor

Kompas.com - 29/03/2012, 15:15 WIB

TERNATE, KOMPAS.com - Festival Legu Gam yang digelar di Kota Ternate Provinsi Maluku Utara pada 1-21 April 2012 akan dihadiri sejumlah sultan dari negara tetangga, seperti dari Malaysia dan Brunei Darussalam. "Sultan dari negara tetangga yang sudah memastikan kehadirannya di Festival Legu Gam adalah Sultan Johor dari Malaysia," kata Ketua Umum Panitia Festival Legu Gam yang juga Wakil Wali Kota Ternate, Arifin Djafar di Ternate, Rabu (28/3/2012).

Sejumlah duta besar dan perwakilan negara sahabat juga akan hadir pada festival yang digelar Kesultanan Ternate bekerja sama dengan Pemkot Ternate dan Pemprov Malut itu di antaranya Duta Besar Australia untuk Indonesia.

Menurut Arifin, panitia telah melakukan berbagai persiapan untuk menyukseskan penyelenggaraan festival yang telah menjadi agenda nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut, khususnya dalam penyiapan lokasi penyelenggaraan festival di lapangan Ngara Lamo Ternate.

Panitia Festival Legu Gam bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga telah melakukan peluncuran Festival Legu Gam di Jakarta pada 21 Maret 2012 yang dihadiri berbagai kalangan, termasuk dari para pengusaha biro perjalanan umum.

Ia mengatakan, panitia telah menyiapkan 23 kegiatan yang akan ditampilkan pada festival tersebut, seperti Kirab Pesona Budaya Nusantara yang akan diikuti empat kesultanan dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten/Kota di Malut.

Selain itu, pertunjukkan budaya dan kesenian tradisional diantaranya "Tarian Bambu Gila" yang akan menggunakan 100 batang bambu dengan melibatkan 700 peserta. "Tarian Bambu Gila ini kita upayakan masuk dalam rekor MURI, karena selama ini belum ada pertunjukan Tarian Bambu yang menggunakan jumlah bambu dan peserta sebanyak itu," katanya.

Kegiatan ini dibagi dalam beberapa pertunjukan yaitu semalam di Ternate, semalam di Tidore, semalam di Bacan dan kegiatan prosesi upacara pernikahan adat Ternate yang dilaksanakan sesuai tradisi masyarakat Ternate.

Sejumlah ritual yang terkait dengan Kesultanan Ternate seperti ritual menaiki Gunung Gamalama serta mengelilingi Gunung Gamalama melalui laut sebagai simbol meminta perlindungan dari sang pencipta, juga akan digelar pada festival tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com