Tips Wisata ke Bali untuk Pemula

Kompas.com - 31/03/2012, 05:06 WIB

KOMPAS.com -Seorang teman pernah berkata bahwa tak afdal jika tak pernah berwisata ke Bali,apalagi untuk seorang yang berkebangsaan Indonesia. Nyatanya,selalu ada pengalaman pertama untuk setiap tempat.

Jika Anda berencana melakukan perjalanan ke Bali untuk pertama kalinya,berikut beberapa tips praktis merencanakan wisata di Bali.

Naik apa ke Bali?

Sangat mudah memilih moda transportasi menuju Bali. Ada banyak cara menuju Bali. Paling gampang tentu saja naik pesawat.

Tiket-tiket promo dengan harga di bawah Rp 400 sekali jalan sudah banyak ditawarkan. Semua maskapai Indonesia pernah menawarkan tiket-tiket murah ini,salah satunya adalah Lion Air. Maskapai LCC yang satu ini menyediakan beberapa rute ke Bali dari berbagai macam kota. Untuk mendapatkan tiket yang lebih murah lagi,Anda bisa memesan tiket Lion Air di agen travel online seperti Traveloka. Pastikan Anda memesannya jauh-jauh hari,bahkan satu tahun sebelumnya untuk mendapatkan tiket murah.

Jalur lainnya adalah melalui darat,Anda bisa naik bus menuju Bali,terutama jika Anda tinggal di Pulau Jawa,Nusa Tenggara Barat,dan Nusa Tenggara Timur. Harganya variatif tergantung jaraknya. Dari Jakarta ke Bali biasanya sekitar Rp 300.000.

Kapan waktu terbaik datang ke Bali?

Sepanjang tahun merupakan waktu yang baik untuk berwisata ke Bali. Hal ini karena Bali menawarkan beragam aktivitas dan tempat wisata. Di kala hujan,Anda bisa saja mengunjungi museum dan pusat kesenian.

Namun,jika Anda mengincar pantai atau wisata bahari dan gunung,maka pilih di musim-musim kemarau atau bulan-bulan minim hujan,sekitar antara April sampai September.

Selain itu,Anda perlu memperhatikan musim padat kunjungan atau high season maupun peak season. Di masa-masa ini,harga-harga akan naik,terutama untuk tiket pesawat,rental mobil,dan akomodasi. Kenaikan harga bisa mencapai 25 persen. Musim padat kunjungan adalah pada bulan Juni-Agustus dan November-Januari.

Tak hanya harga yang naik,saat ini pun Bali akan ramai dipadati turis. Jadi bersiap untuk kondisi jalanan yang lebih macet dan obyek wisata yang lebih ramai.

Menginap di mana?

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorA. Wisnubrata
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Terkini Lainnya

    Close Ads X