Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cukup Rp 50.000 Nikmati Wisata di Klungkung

Kompas.com - 31/03/2012, 05:33 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com – Bali memang tak ada matinya. Beragam aktivitas dan obyek wisata di pulau ini bisa Anda pilih sesuai kegemaran Anda. Bujet tipis pun tak masalah. Sekedar nongkrong di pantai sudah menjadi kegiatan mengasyikan. Ya, sebagian besar pantai di Bali bisa dimasuki tanpa bayar.

Wisata minim bujet di Bali tak hanya selalu soal pantai. Bali memiliki destinasi-destinasi lain selain daerah ramai Kuta dan sekitarnyai. Nah, jika Anda merencanakan berakhir pekan di Bali, cobalah beberapa ide wisata murah di destinasi-destinasi di Bali yang tidak terlalu populer berikut ini. Cukup siapkan selembar uang Rp 50.000 untuk menikmati beragam aktivitas wisata tersebut.

Tak percaya? Coba mampir ke Klungkung. Klungkung merupakan kabupaten di timur Bali. Kabupaten ini memang tak terlalu tenar sebagai obyek wisata. Padahal, ada Kertagosa yang sarat akan wisata sejarah. Dulu, tempat ini merupakan balai sidang raja-raja Bali.

Di bagian langit-langit tempat ini penuh dengan lukisan wayang khas Bali. Bersiaplah mendongakkan kepala untuk menikmati lukisan antik tersebut.  Selain itu, suasana di kawasan Kertagosa sangat asri. Duduk-duduk di Kertagosa sambil melihat mobil lalu lalang di perempatan jalan terasa santai.

Tiket masuk Kertagosa hanya Rp 12.000. Selanjutnya, jangan lupa mampir ke Pasar Klungkung yang letaknya di seberang Kertagosa. Anda bisa menikmati jajanan pasar khas Bali dan nasi bungkus. Atau, beli oleh-oleh seperti udeng (penutup kepala) atau kain Bali.

Apalagi, kawasan ini tidak terlalu ramai dikunjungi turis. Anda akan leluasa berjalan-jalan menikmati lukisan wayang sampai merasakan sejuknya udara.

Di sebelah Kertagosa adalah Bale Kambang yang juga penuh dengan lukisan wayang. Mampir juga ke Museum Puputan untuk mengetahui sejarah Puputan Klungkung di tahun 1908 saat Raja Klungkung beserta rakyatnya mengadakan perang mati-matian menghadapi Belanda.

Masuk ke kawasan Kertagosa, cukup merogoh kocek Rp 12.000. Untuk menuju Klungkung, Anda bisa naik minibus yang melewati pusat kota, dengan ongkos sekitar Rp 10.000 dari terminal Batubulan. Lalu turun di Jalan Gajah Mada. Dari sini Anda cukup jalan kaki sekitar 20 meter ke arah selatan.

Jika bingung, utarakan saja pada supir bus bahwa Anda ingin ke Kertagosa. Untuk mencapai terminal Batubulan, dari Kuta Central Parkir bisa naik bus Trans Sarbagita dengan ongkos Rp 3.500. Mari berhitung, sisa uang Anda masih ada 24.500.

Saatnya berbelanja sebanyak Rp 10.000. Jalan saja ke Pasar Klungkung, letaknya persis di seberang Kertagosa. Di sini Anda bisa menikmati aneka kuliner khas Bali. Nikmati jajanan pasar ataupun nasi campur khas Bali. Atau, sekedar beli oleh-oleh pernak-pernik khas Bali.

Masih ada waktu? Dari Kertagosa berjalanlah ke alun-alun kota. Jaraknya sangat dekat, hanya perlu berjalan kaki sekitar 10 menit. Menjelang sore, anak-anak muda maupun anak kecil sering bersantai dan bermain-main di alun-alun.

Bawa laptop? Manfaatkan jaringan wifi gratis yang tersedia di alun-alun. Hati-hati, Anda bisa keasyikan nongkrong di alun-alun. Jangan sampai kesorean, sebab Anda harus mengejar minibus untuk kembali ke Kuta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com