Susur Kahayan, Melihat Orangutan dan Belajar Budaya

Kompas.com - 31/03/2012, 16:05 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

PALANGKARAYA, KOMPAS.com -- Jika berkunjung ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah, menikmati panorama Sungai Kahayan bisa menjadi paket wisata yang layak dipertimbangkan. Tersedia dua kapal yang bisa digunakan untuk susur sungai dengan lama berwisata tiga jam hingga delapan hari.

Sarana transportasi itu yakni Kapal Motor Lasang Teras Garu dan Getek Tahasak Danum. Pengelola kapal-kapal tersebut, Gamaliel Tumon mengatakan, turis yang berwisata dengan waktu cukup lama bisa belajar menyadap karet, mencari rotan, hingga melihat aktivitas orangutan di habitat aslinya. Karena itu, wisatawan tak hanya menikmati pemandangan sungai, tetapi juga ikut mempelajari kehidupan masyarakat setempat. Tidak hanya siang, wisatawan pun bisa menikmati suasana malam hari.

"Wisata malam tak kalah asyiknya. Turis bisa melihat kerlap-kerlip lampu dan kunang-kunang yang bermain, serta merasakan sejuknya angin," tutur Gamaliel, Sabtu (31/3/2012).

KM Lasang Teras Garu sudah dioperasikan sejak tahun 2009 dan Getek Tahasak Danum sejak tahun 2010. Tarif berwisata menggunakan Lasang Teras Garu mulai Rp 75.000 per orang untuk paket tiga jam dengan jumlah wisatawan minimal 25 orang. Kapal itu bisa mengangkut hingga 60 orang. Tersedia pula lima kamar yang bisa menampung total 10 orang.

"Kalau jumlah turis lebih dari itu, kapal bisa merapat dan mereka bermalam di rumah penduduk lokal. Setidaknya, wisatawan bisa berbaring dulu di atas tikar jika daya tampung kamar tak mencukupi. Kalau mau, wisatawan bisa mendirikan tenda sambil memanggang makanan," kata Gamaliel.

Adapun Getek Tahasak Danum yang berukuran lebih kecil bisa mengangkut hingga 25 wisatawan namun tak memiliki kamar. Tarif susur sungai dengan kapal itu sama dengan Lasang Teras Garu dengan jumlah wisatawan minimal 10 orang. Tarif untuk kedua kapal itu sudah termasuk asuransi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.