Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anda Penyelam Pemula? Perhatikan Tips Berikut

Kompas.com - 03/04/2012, 07:52 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia memiliki keindahan alam yang sangat indah, terutama alam bawah lautnya karena menyumbang 60 persen variasi kekayaan terumbu karang dari seluruh dunia. Oleh sebab itu, Indonesia kerap menjadi tujuan para penyelam, baik dari luar maupun dalam negeri.

Nah, Anda yang berminat mengeksplorasi kekayaan bawah laut Indonesia namun belum punya pengalaman menyelam, jangan khawatir. Kompas.com berkesempatan mewawancarai Gemala Hanifah, salah satu penyelam yang juga menjadi pembawa acara petualangan di televisi nasional tentang tips sederhana bagi Anda penyelam pemula saat melakukan penyelaman di Gapang, Sabang, Aceh, Rabu (28/3/2012).

Pertama, Anda harus memilih pelatih atau klub penyelam untuk melatih anda dengan kualitas dan pengalaman yang tinggi di bidangnya.

Kedua, Anda diharapkan memperhatikan segala informasi pelatih tentang fungsi berbagai peralatan menyelam, antara lain masker, BCD (rompi pelampung), regulator tangki, tabung oksigen, pemberat, baju selam, sepatu pelindung dan kaki katak. Pastikan seluruh peralatan berfungsi dengan baik.

Ketiga, meski kerap dianggap remeh, minum air secukupnya menjadi hal penting sebelum memulai aktivitas yang satu ini. Air yang anda konsumsi berguna untuk menghindari dehidrasi selama menyelam di bawah air.

Keempat, kenali gejala-gejala disfungsi tubuh di dalam air karena suhu air laut berbeda dengan suhu tubuh manusia. Misalnya hypotermia dan sebagainya, tentunya sekaligus dengan cara penanggulangannya.

Kelima, anda harus mematuhi segala instruksi pelatih dengan baik di bawah laut. Karena bagi penyelam pemula harus didampingi oleh seorang pelatih. Jangan gengsi untuk mengkomunikasikan dengan pelatih tentang kesulitan kita di dalam air, karena hal tersebut menyangkut nyawa Anda sendiri.

Kebanyakan penyelam pemula, sulit mengatur napas dengan mulut, disini lah kunci keberhasilan menyelam. Anda harus mulai membiasakan diri bernapas menggunakan mulut agar tidak ngos-ngosan di dalam laut.

Langkah terakhirnya, jika Anda sudah mulai terbiasa dengan langkah-langkah penyelaman, mulai lah untuk meningkatkan kemampuan Anda untuk menyelam dengan tingkat kedalaman yang lebih, dan nikmatilah betapa kayanya alam bawah laut Indonesia. Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com