Yuk, Nikmati Kesegaran Sop Ikan

Kompas.com - 05/04/2012, 11:34 WIB
EditorI Made Asdhiana

Oleh M Clara Wresti dan Pingkan E Dundu

Masakan ikan sangat digemari di masyarakat. Namun, selama ini, ikan lebih banyak dinikmati dengan cara dibakar, digoreng, atau dipepes. Untuk menyantap ikan dengan kuah, seperti sop ikan, banyak yang enggan. Alasannya, mereka enggan mencium aroma amis saat menyantapnya. Benarkah demikian?

Masakan ikan dengan kuah belum tentu akan tercium aroma amisnya. Itu sangat tergantung pada keahlian memasak dan bahan-bahan yang dipakai.

Menikmati sop ikan, salah satu menu ikan berkuah di beberapa restoran di Jakarta, Tangerang, dan Tangerang Selatan, ternyata jauh dari bau amis. Hal ini karena mereka menggunakan bahan ikan segar dan bumbu.

Misalnya saja sop ikan Ny Filly yang berada di kompleks Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Sop ikan kuah asam di restoran ini adalah sop ikan masakan manado. Kuahnya yang bening, cabe rawit hijau utuh, irisan tomat, daun kemangi, dan potongan daun bawang membuat sop ini terasa sangat segar disantap pada siang hari.

Apabila di restoran manado lain sop ikan kuah asam memakai ikan marlin atau ikan tenggiri, restoran Ny Filly memakai ikan mas. Satu porsi sop ikan berisi satu ekor ikan mas yang dipotong dua.

Bagi penggemar kepala ikan, sop ini memberi tantangan untuk membersihkan daging ikan yang terselip di antara tulang-tulang kepala ikan.

Daging ikan mas yang lembut membuat sop ikan ini cepat habis dalam waktu singkat. Berbeda jika memakai daging ikan yang tebal dan keras. Ikan yang keras sering kali menimbulkan rasa capek untuk mengunyahnya.

Sop ikan dengan cita rasa yang berbeda juga disediakan di restoran Sop Ikan Batam. Jika sop ikan manado banyak memakai bumbu rempah daun, sop ikan batam justru tidak memakai bumbu rempah daun. Walau demikian, kuahnya tidak terasa amis sama sekali.

Kuah sop ikan batam juga bening. Ikan yang digunakan bukanlah ikan utuh, melainkan filet daging ikan tenggiri. Selain irisan daging ikan, sop ini juga diberi daun selada segar dan irisan bawang bombai. Agar lebih enak menyantapnya, telah disediakan kecap asin dengan irisian cabe rawit hijau.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.