30 Jam di TMII Bersama Si Kecil

Kompas.com - 08/04/2012, 16:55 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) selalu ramai dikunjungi oleh anak-anak. Namun biasanya keluarga yang memang tinggal di dekat TMII. Adapula yang datang karena memang rombongan sekolah.

Kapan terakhir Anda ke TMII? Jangan-jangan terakhir ke tempat ini saat ada undangan menghadiri acara pernikahan. Jika Anda berada di luar Jakarta, TMII bisa menjadi pilihan untuk berekreasi di Jakarta. Apalagi fasilitas dan wahananya makin beragam. Selain itu, si kecil juga bisa belajar mengenai kebudayaan Indonesia.

Mari rancang akhir pekan di TMII. Anda bisa saja seharian di TMII atau malah memutuskan menginap satu malam untuk menjelajahi lebih dalam tempat ini. Tiket masuk TMII hanya Rp 9.000 per orang.

Sabtu Pagi. Mampir ke salah satu museum yang ada di TMII. Paling menarik untuk si kecil bisa pilih Museum IPTEK. Di museum ini banyak alat peraga yang berunsur sains dan teknologi. Jadi, si kecil tak cuma sekadar melihat-lihat koleksi, namun juga bisa mencoba langsung alat-alat tersebut.

Si kecil pun bisa belajar sambil bermain saat mencoba alat-alat peraga tersebut. Tiket masuk ke Museum IPTEK adalah Rp 15.000. Coba juga mampir ke museum lain seperti Museum Komodo,

Setelah asyik belajar sejarah, Anda bisa mengajaknya ke Taman Burung untuk melihat aneka koleksi burung-burung Indonesia. Taman ini sangat luas dan banyak koleksinya yang tidak ditempatkan di kandang. Melainkan hidup bebas berkeliaran.

Ada kubah besar yang membatasi burung-burung yang terbang. Sementara burung-burung seperti pelican, bebas berjalan-jalan. Si kecil pun jadi bisa berinteraksi langsung dengan burung-burung tersebut. Di jam-jam tertentu, anak-anak dapat berfoto langsung dengan elang bondol, maskot Kota Jakarta.

Sabtu Siang. Saatnya naik balon udara di Taman Bunga. Wahana balon udara ini satu-satunya di Jakarta. Saat naik, panorama kota Jakarta dari ketinggian ada di depan mata Anda. Harga tiket naik balon udara di akhir pekan untuk anak-anak Rp 80.000, sedangkan dewasa Rp 120.000.

Kelar naik balon udara, saatnya piknik di Taman Bunga. Sebelumnya, Anda perlu menyiapkan bekal sederhana dan alas duduk. Taman Bunga memiliki lapangan rumput yang luas dan asri di tengah pepohonan. Pilih menggelar piknik di dekat aliran sungai kecil. Tiket masuk Taman Bunga adalah Rp 5.000.

Sabtu Sore. Ayo naik kereta gantung legendaris TMII. Cobalah kedua jalur yang tersedia. Skylift atau kereta gantung di TMII ini bisa dinaiki dengan membeli tiket seharga Rp 25.000. Paling seru saat melewati danau TMII yang berbentuk seperti kepulauan Indonesia. Juga jangan lupa berfoto dengan latar belakang puncak Istana Boneka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.