Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali Menunggu Kepastian Bandara Baru

Kompas.com - 12/04/2012, 21:12 WIB
Ayu Sulistyowati

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi Bali mengharapkan adanya kepastian dari pemerintah pusat soal rencana pembangunan bandara internasional baru di Buleleng.

Bandara baru ini menjadi isu di Pulau Bali dan tingkat nasional karena Bandara Internasional Ngurah Rai yang ada saat ini dinilai terlalu sempit.

Selain itu, Ngurah Rai pun sulit memperlebar lokasinya. Lokasinya terimpit di antara hutan bakau dan bangunan pura. Tidak mungkin menggusur tempat ibadah umat Hindu Bali tersebut.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, yang ditemui seusai bertemu Gubernur Bali Made Mangku Pastika di kantor gubernur, Denpasar, Kamis (12/4/2012), mengatakan, pihaknya masih mendukung rencana adanya bandara baru untuk mendukung Ngurah Rai.

"Kami tetap perlu kajian-kajian. Hal terpenting adalah bagaimana kebutuhan penerbangan ke Bali ini terpenuhi dan Bali bagian utara juga hidup, bukan hanya Bali bagian selatan (Badung dan Denpasar)," kata Mari.

Saat ini, Bandara Internasional Ngurah Rai tengah berbenah dangan pembangunan serta renovasi, terutama di terminal internasional. Pembangunan dan renovasi ditargetkan rampung sekitar September 2013, sebelum konferensi APEC digelar di BNDCC Nusa Dua.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com