Benoa Serius Garap Wisata Kapal Pesiar

Kompas.com - 13/04/2012, 16:15 WIB
EditorI Made Asdhiana

DENPASAR, KOMPAS.com — Kunjungan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono ke Pelabuhan Benoa, Bali, dianggap sebagai bentuk perhatian pemerintah menyiapkan infrastruktur menyambut kedatangan kapal-kapal pesiar ukuran besar tahun 2013.

"Di sela acara ’International Cruise Workshop’, Kamis (12/4/2012), Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono menyempatkan datang ke Pelabuhan Benoa," kata General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Benoa Iwan Sabatini di Denpasar, Jumat (13/4/2012).

Menurut Iwan, Wamenhub melihat langsung persiapan pekerjaan pengerukan untuk memperdalam kolam pelabuhan sehingga dapat memberikan akses lebih mudah dan leluasa bagi kapal-kapal pesiar berukuran besar masuk kawasan Pelabuhan Benoa. Nantinya, Benoa bisa dimasuki oleh kapal-kapal pesiar berukuran panjang 300 meter, yang merupakan generasi terbaru.

Iwan memaparkan, dari hasil lokakarya kapal pesiar dapat dicatat, Indonesia mempunyai potensi sangat baik secara geografis, apalagi memiliki 17.000 pulau yang diminati oleh wisatawan mancanegara. Bila di belahan Utara musim dingin, menurut dia, wisatawan akan ke negara tropis dan negara-negara bagian Selatan.

Akan tetapi, lanjut Iwan, bila belahan Selatan musim dingin, wisatawan Australia akan menuju ke Indonesia sebagai negara tropis yang mempunyai kepulauan sangat banyak dan indah pemandangan ataupun tersedia berbagai seni budaya. "Potensi ini harus dioptimalkan. Jika tidak,  kita akan kehilangan potensi tersebut," ujarnya.

Iwan menambahkan, saat ini Pelabuhan Benoa telah disinggahi kapal-kapal pesiar dengan panjang hingga 264 meter. "Dengan makin banyak Cruise Liner, seperti Seabourne Lines, Silversea Cruise Lines, Royal Caribean Voyager of the Seas, Costa Cruises Lines, dan Holland America Lines,  wisata kapal pesiar di Indonesia akan makin diminati," kata Iwan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X