Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Wisata Sejarah

Kompas.com - 14/04/2012, 19:24 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com  - Konon, wisata sejarah identik dengan kegiatan yang membosankan. Namun, bagi penggemar sejarah, wisata sejarah tak sekadar pelesir dan melancong untuk kesenangan ke tempat-tempat bersejarah, tetapi juga belajar sejarah itu sendiri.

Lagi pula, tempat atau benda mana yang tidak memiliki cerita di belakangnya. Setiap hal yang telah lalu memang telah menjadi bagian sejarah. Bahkan ada yang pernah membuat pameran barang-barang rongsokan. Salah satu yang dipamerkan adalah jangkar dari masa VOC.

Dulunya, barang-barang yang dipamerkan dianggap sebagai sampah. Namun kini, setiap benda tersebut memiliki cerita dan nilai historisnya.

Nah, jika akhir pekan ini Anda tak punya agenda pelesiran, urungkan niat Anda dan lakukan wisata sejarah. Beruntung jika Anda tinggal di kota-kota besar di Indonesia, biasanya terdapat banyak museum yang bisa Anda kunjungi.

Bagaimana jika tidak tinggal di kota dengan banyak museum? Tenang saja, Indonesia kaya akan budaya yang diwariskan secara turun temurun dan sejarah yang kental. Berikut tips untuk merancang wisata sejarah yang menyenangkan.

Menelusuri jejak tokoh bersejarah. Setiap daerah di Indonesia memiliki tokoh sejarah atau bahkan pahlawan nasional. Coba telusuri jejak pahlawan nasional dari daerah Anda. Misalnya rumah yang ia pernah tempati sampai tempat ia dimakamkan.

Mengunjungi nol kilometer di kota Anda. Di manakah nol kilometer di kota Anda? Nah, cari tahu letak persis nol kilometer di kota tempat Anda tinggal. Anda bisa mencari tahu melalui literatur sejarah. Lalu kunjungi lokasi tersebut.

Mengunjungi kuburan tua. Kuburan tua identik dengan suasana menyeramkan. Hilangkan pikiran ini dan jelajahi kuburan-kuburan tua. Seperti di TPU Petamburan, Jakarta, terdapat musoleum seorang tokoh China yang terkenal kaya dan kuburan orang-orang Belanda keturunan Yahudi.

Di Jawa Barat bahkan terdapat kuburan tentara Nazi, Jerman. Atau, di Makassar terdapat makam Pangeran Diponegoro. Anda akan menemukan tokoh-tokoh bersejarah jika pintar-pintar mencari tahu kuburan tua mana yang menyimpan sepenggal sejarah berhubungan dengan masa-masa penjajahan dan kemerdekaan Indonesia.

Jangan asal main masuk kuburan. Tetapi cobalah meminta izin ke pihak penjaga makam. Anda pun jadi bisa mendengar sedikit cerita di balik kuburan-kuburan tersebut.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com