Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pempek dan Pindang Patin Cawan Putih, Lemak Nian Oiii

Kompas.com - 15/04/2012, 12:29 WIB
R. Adhi Kusumaputra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Warung yang menjual pempek, makanan khas Palembang, banyak bertebaran di Jakarta dan sekitarnya. Namun tempat yang menjual pempek asli dengan “cuko” yang lezat dan pas di lidah orang Palembang, tidaklah banyak.

Salah satu warung pempek Palembang yang wajib Anda datangi adalah Warung Pempek Cawan Putih di Jalan H Agus Salim (depan Duta Suara) atau lebih dikenal dengan nama Jalan Sabang di Jakarta Pusat.

Di sini, Anda dapat menikmati pempek belah (pempek lenjer yang digoreng kemudian dibelah dan diisi udang kering dan kecap). Pempek belah yang harga satuannya Rp 5.000 ini merupakan salah satu andalan Cawan Putih.

Selain itu juga ada pempek kapal selam yang dijual Rp 15.000 per porsi. Pempek telor kecil, pempek keriting, pempek goreng yang kecil seharga Rp 4.500 per satuan.

Apa beda pempek Cawan Putih dengan pempek di tempat lainnya? “Kami meracik pempek dengan komposisi 60 persen ikan dan 40 persen aci. Karena itulah rasa ikan tenggiri dalam pempek Cawan Putih sangat terasa,” jelas pemilik Cawan Putih, Endang Sri Hariatie BK.

Kelebihan pempek Cawan Putih lainnya adalah dibuat tanpa pengawet dan tanpa pemutih. “Kami membuat pempek tanpa sisa, semua habis pada hari itu juga,” kata istri Budi Karya Sumadi itu.

Selain itu, “cuko” yang menjadi pendamping setiap kali makan pempek, dibuat dari jeruk-jeruk kecil, bahkan tanpa cuka sama sekali. Karena itulah rasa “cuko” pempek Cawan Putih terasa lebih gurih dan nikmat.

Makanan lainnya yang menjadi andalan Cawan Putih adalah pindang patin (Rp 20.000 per porsi) dan pindang tulang (Rp 24.000 per porsi), juga tekwan Rp 15.000 per porsi.

Kompas mencoba mencicipi pindang patin racikan Cawan Putih. Dibandingkan dengan pindang patin di tempat lainnya, pindang patin Cawan Putih lebih terasa gurih dan lezat. Bumbunya sangat terasa di lidah.

Tidak asyik jika menikmati makanan khas palembang tanpa es kacang merah. Dan racikan es kacang merah Cawan Putih sangat pas di lidah orang Palembang. Kacang tanahnya sangat lembut, diproses sedemikian rupa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com