Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyik, Wisata ke Phuket Bisa Lebih Murah

Kompas.com - 15/04/2012, 18:44 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Thailand terkenal di dunia sebagai tujuan wisata murah, termasuk bagi orang Indonesia. Nah, Olenka, seorang traveler dan penulis buku "Wisata Hemat Phuket" berbagi trik-trik wisata murah di Phuket. "Pertama harus mencari tiket promo. Sekarang sudah ada direct flight langsung dari Jakarta. Jadi bisa dapat murah," katanya saat talkshow "Explore Phuket" di pameran pariwisata Kompas Travel Mart, di Mal Grand Indonesia Jakarta, Minggu (15/4/2012).

Sementara itu, untuk penginapan, menurut Olenka, paling murah adalah dorm atau penginapan dengan model seperti asrama. "Dorm ada yang khusus cewek atau khusus cowok atau ada juga yang campur," katanya.

Olenka memberi saran untuk melakukan pemesanan hotel murah bisa dilakukan via online. Serta sebaiknya dipesan saat masih di Jakarta. "Direct flight-nya itu sampai malam. Jadi kalau sudah booking hotel, bisa langsung, nggak perlu cari-cari lagi," ungkapnya.

Sedangkan makanan, menurut pengalaman Olenka, sehari ia hanya menghabiskan makanan paling mahal Rp 20 ribu sampai Rp 30 ribu sekali makan. Ia sengaja memilih makan di warung-warung pinggir jalan agar lebih hemat. "Di Phuket juga banyak pedagang yang menjual nasi dengan bungkus nasi," katanya.

Hanya saja, untuk suvenir, Olenka mengakui suvenir-suvenir di Phuket lebih mahal daripada di Bangkok. Selain itu, biasanya turis juga melakukan one day trip (perjalanan satu hari) ke kepulauan Phi Phi dan Krabbi. "Day trip harganya secara umum ada dua pilihan, pilihan pertama naik speed boat atau naik feri yang lebih murah," ungkap Olenka.

Dengan uang sekitar Rp 300.000, tambah Olenka, turis bisa melakukan perjalanan ke beberapa pulau di kepulauan Phi Phi. Ia menyarankan ke Phi Phi pada bulan Juni atau Juli atau di saat musim kemarau. "Ke Phi Phi naik speed boat yang lebih mahal tapi ke banyak pulau, ombaknya memang terasa lebih kencang. Kalau mudah mabuk, bisa naik feri yang lebih murah," jelasnya.

Kompas Travel Mart berlangsung sejak Jumat (13/4/2012) sampai hari ini dan bertempat di Mal Grand Indonesia Jakarta. Anda masih berkesempatan hadir di pameran tersebut hingga malam ini. Kompas Travel Mart merupakan pameran wisata yang diikuti oleh 6 maskapai penerbangan, 15 biro perjalanan wisata, 2 taman wisata, dan 20 hotel serta resor dari berbagai daerah di Indonesia. Peserta pameran menawarkan harga spesial dan harga diskon selama pameran berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com