Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zoe dan Comic Cafe, Surga Penggemar Komik

Kompas.com - 18/04/2012, 07:54 WIB

Oleh Andy Riza Hidayat dan Windoro Adi

Adalah Zoe, kependekan dari Zone of Edutainment, yang memadukan kafe dengan taman bacaan. Selain menawarkan makanan, taman terbuka, dan alunan musik, Zoe tentunya juga menyediakan beragam koleksi buku. Tempat itu saat ini menyediakan 34.415 koleksi buku di lahan seluas 650 meter persegi di Jalan Margonda, Kota Depok, Jawa Barat.

Dari seluruh koleksi, 70 persen di antaranya merupakan komik dari Indonesia, Eropa, Amerika, Korea, dan Jepang. Selain koleksi terbaru, pengelola juga menyediakan komik koleksi lama yang sudah langka di pasaran. Komik silat Panji Tengkorak karya Henky sampai komik Detektif Conan karya Aoyama Gosho ada di sini.

Karena itu, kebanyakan penggemar komik kerasan berlamalama di tempat itu. Mereka seperti orang kecanduan. Sebagian pengunjung membawa tas karena ingin meminjam banyak komik. Sebagian lain membaca setumpuk komik di tempat dengan makanan pendamping yang tersedia.

Untuk membaca komik di tempat, pengunjung dapat memanfaatkan ruang di tepi taman terbuka, di ruang panggung yang dapat melihat lalu lintas jalan, atau di lantai dua jika menginginkan ketenangan.

Pengunjung kafe berasal dari bermacam latar belakang, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga pekerja. Nanda (25), karyawan swasta sebuah perusahaan di Permata Hijau, Jakarta, menyempatkan berkunjung ke Zoe pada Jumat (13/4) siang. Nanda memanfaatkan waktu luang sampai sore sebelum berangkat ke kantor.

”Mending di sini sambil menunggu jam kerja. Membaca komik membuat pikiran segar dan terhibur,” tutur Nanda sambil memegang komik Jepang. Kakinya berselonjor ke kursi di depannya. Dengan diiringi lantunan suara Tompi, siang itu menjadi menyenangkan bagi Nanda.

Sesekali Nanda mengajak temannya untuk menyewa dan membaca komik bersama di Zoe. Dengan membaca bersama, menurut Nanda, menjadi lebih seru karena dapat bertukar pikiran, apalagi buku yang disewa menjadi lebih banyak.

Pihak pengelola membagi perpustakaan dalam empat ruang yang terdiri dari dua ruang komik, ruang novel, dan ruang buku yang bisa dibeli.

Agar tidak ketinggalan, pengelola menjalin hubungan dengan sejumlah penerbit untuk memesan komik terbaru. ”Paling tidak setiap bulan kami membeli 200 buku baru,” kata Erman, Direktur Operasional Zoe, di Depok.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com