Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali Terancam Kehilangan Investor Pariwisata

Kompas.com - 23/04/2012, 15:18 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Guru Besar Universitas Udayana, Prof Dr I Wayan Windia, MS mengatakan, Bali terancam kehilangan investor di bidang pariwisata menyusul makin semrawutnya arus lalu lintas dan lingkungan di Pulau Dewata. "Banyak investor yang merugi karena kondisi di Bali," kata Prof Windia yang juga Ketua Badan Penjaminan Mutu Unud di Denpasar, Senin (23/4/2012).

Menurut Windia, hal itu mengakibatkan tingkat hunian hotel semakin menurun dan peningkatan kunjungan wisatawan tidak seimbang dengan pertambahan kamar hotel. Hasil penelitian yang dilakukan Unud itu menunjukkan, pemilik modal yang telah berinvestasi di Bali kemudian mengusulkan pembangunan jalan layang yang bertolak belakang dengan budaya masyarakat Bali.

Demikian pula ketentuan yang selama ini mengatur tinggi bangunan maksimal tiga lantai, juga ingin diubah dengan alasan tidak efektif sesuai perkembangan. "Dengan berbagai alasan untuk melakukan perubahan itu mereka lupa bahwa dengan adanya revisi itu justru akan semakin memperparah kerusakan Bali, sekaligus wisatawan enggan berlibur ke daerah ini," tutur Windia.

Bahkan sekarang di tengah persaingan bisnis pariwisata yang ketat pergerakan pelancong tidak lagi ke Bali dengan alasan kondisinya sudah rusak sehingga tidak menarik dan tidak mempunyai ciri khas lagi. "Itulah salah satu penyebab kenapa kunjungan wisman ke Bali singkat hanya rata-rata tiga hari. Padahal pada 1980-an rata-rata selama tiga minggu," tambah Windia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com