Bali Terancam Kehilangan Investor Pariwisata

Kompas.com - 23/04/2012, 15:18 WIB
EditorI Made Asdhiana

DENPASAR, KOMPAS.com - Guru Besar Universitas Udayana, Prof Dr I Wayan Windia, MS mengatakan, Bali terancam kehilangan investor di bidang pariwisata menyusul makin semrawutnya arus lalu lintas dan lingkungan di Pulau Dewata. "Banyak investor yang merugi karena kondisi di Bali," kata Prof Windia yang juga Ketua Badan Penjaminan Mutu Unud di Denpasar, Senin (23/4/2012).

Menurut Windia, hal itu mengakibatkan tingkat hunian hotel semakin menurun dan peningkatan kunjungan wisatawan tidak seimbang dengan pertambahan kamar hotel. Hasil penelitian yang dilakukan Unud itu menunjukkan, pemilik modal yang telah berinvestasi di Bali kemudian mengusulkan pembangunan jalan layang yang bertolak belakang dengan budaya masyarakat Bali.

Demikian pula ketentuan yang selama ini mengatur tinggi bangunan maksimal tiga lantai, juga ingin diubah dengan alasan tidak efektif sesuai perkembangan. "Dengan berbagai alasan untuk melakukan perubahan itu mereka lupa bahwa dengan adanya revisi itu justru akan semakin memperparah kerusakan Bali, sekaligus wisatawan enggan berlibur ke daerah ini," tutur Windia.

Bahkan sekarang di tengah persaingan bisnis pariwisata yang ketat pergerakan pelancong tidak lagi ke Bali dengan alasan kondisinya sudah rusak sehingga tidak menarik dan tidak mempunyai ciri khas lagi. "Itulah salah satu penyebab kenapa kunjungan wisman ke Bali singkat hanya rata-rata tiga hari. Padahal pada 1980-an rata-rata selama tiga minggu," tambah Windia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.