Menparekraf Dukung Pendirian ASEAN Culture Park di Kota Batu

Kompas.com - 02/05/2012, 17:44 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

MALANG, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu sangat mendukung rencana pendirian ASEAN Culture Park di Kota Batu, Jawa Timur. Rencana pembangunan ASEAN Culture Park di Kota Batu itu, diharapkan bisa menunjang dunia pariwisata di Indonesia.

"Pengelola Museum Satwa Kota Batu, mengusulkan kepada saya untuk mendirikan ASEAN Culture Park di Kota Batu. Proposalnya sudah saya terima," kata Mari kepada wartawan, Rabu (2/5/2012), usai meresmikan Museum Satwa Jatim Park 2.

Namun, lanjut Mari, pihaknya masih akan mengkaji lebih dulu konsep ASEAN Culture Park itu. "Untuk sementara, akan kami kaji dulu, bagaimana konsep dari ASEAN Culture Park itu," katanya.

Namun, Menparekraf mengaku siap untuk memfasilitasi keinginan pengelola Museum Satwa dan Pemkot Batu tersebut. "Karena usulan itu sangat bagus. Saya yakin, kalau dikelola Museum Satwa akan bagus dan profesional," katanya.

Menurut Mari, di Indonesia memang sangat memungkinkan untuk menghadirkan wahana wisata berkelas internasional. "Jangan sampai kalah dengan negara lain. Indonesia itu negara besar di Asia. Memang harus punya ASEAN Culture Park," katanya.

Namun, lanjut Menparekraf, kalau nantinya dibangun ASEAN Culture Park di Kota Batu, harus menampilkan segala jenis budaya, seni, serta arsitektur negara-negara masing-masing.

Sebelumnya, Mari juga mendukung upaya Pemerintah Kota Batu meningkatkan keunggulan wisata agrobisnis, seperti wisata petik sayur yang dilakukannya di Desa Sumberejo, Kecamatan Bumiaji, Rabu pagi.

Menparekraf berharap kreator seni animasi dilibatkan dalam industri wisata di Batu. "Harapan kami industri seni ditingkatkan di Batu," ujarnya.

Pemberian nama Kota Wisata Batu sangat berpotensi dilirik masyarakat dalam negeri maupun luar untuk berkunjung menikmati seluruh wahana wisata yang tersedia. "Ini juga bagus penyebutan Kota Wisata Batu," katanya.

Menparekraf juga menyempatkan melihat langsung keaneragaman satwa koleksi Museum Satwa, yang menyajikan bangkai satwa diawetkan dan dimasukkan dalam ruangan kaca berukuran besar.

Sementara itu, Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko berharap kepada pemerintah pusat, untuk mendukung pendirian ASEAN Culture Park di Kota Batu itu. "Karena Batu itu sudah menjadi kota wisata. Harapan saya, ASEAN Culture Park itu, bisa dibangun di Kota Batu. Apalagi Malang dalam waktu dekat akan memiliki bandara internasional," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.