Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menparekraf Dukung Pendirian ASEAN Culture Park di Kota Batu

Kompas.com - 02/05/2012, 17:44 WIB
Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu sangat mendukung rencana pendirian ASEAN Culture Park di Kota Batu, Jawa Timur. Rencana pembangunan ASEAN Culture Park di Kota Batu itu, diharapkan bisa menunjang dunia pariwisata di Indonesia.

"Pengelola Museum Satwa Kota Batu, mengusulkan kepada saya untuk mendirikan ASEAN Culture Park di Kota Batu. Proposalnya sudah saya terima," kata Mari kepada wartawan, Rabu (2/5/2012), usai meresmikan Museum Satwa Jatim Park 2.

Namun, lanjut Mari, pihaknya masih akan mengkaji lebih dulu konsep ASEAN Culture Park itu. "Untuk sementara, akan kami kaji dulu, bagaimana konsep dari ASEAN Culture Park itu," katanya.

Namun, Menparekraf mengaku siap untuk memfasilitasi keinginan pengelola Museum Satwa dan Pemkot Batu tersebut. "Karena usulan itu sangat bagus. Saya yakin, kalau dikelola Museum Satwa akan bagus dan profesional," katanya.

Menurut Mari, di Indonesia memang sangat memungkinkan untuk menghadirkan wahana wisata berkelas internasional. "Jangan sampai kalah dengan negara lain. Indonesia itu negara besar di Asia. Memang harus punya ASEAN Culture Park," katanya.

Namun, lanjut Menparekraf, kalau nantinya dibangun ASEAN Culture Park di Kota Batu, harus menampilkan segala jenis budaya, seni, serta arsitektur negara-negara masing-masing.

Sebelumnya, Mari juga mendukung upaya Pemerintah Kota Batu meningkatkan keunggulan wisata agrobisnis, seperti wisata petik sayur yang dilakukannya di Desa Sumberejo, Kecamatan Bumiaji, Rabu pagi.

Menparekraf berharap kreator seni animasi dilibatkan dalam industri wisata di Batu. "Harapan kami industri seni ditingkatkan di Batu," ujarnya.

Pemberian nama Kota Wisata Batu sangat berpotensi dilirik masyarakat dalam negeri maupun luar untuk berkunjung menikmati seluruh wahana wisata yang tersedia. "Ini juga bagus penyebutan Kota Wisata Batu," katanya.

Menparekraf juga menyempatkan melihat langsung keaneragaman satwa koleksi Museum Satwa, yang menyajikan bangkai satwa diawetkan dan dimasukkan dalam ruangan kaca berukuran besar.

Sementara itu, Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko berharap kepada pemerintah pusat, untuk mendukung pendirian ASEAN Culture Park di Kota Batu itu. "Karena Batu itu sudah menjadi kota wisata. Harapan saya, ASEAN Culture Park itu, bisa dibangun di Kota Batu. Apalagi Malang dalam waktu dekat akan memiliki bandara internasional," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com