Kompas.com - 05/05/2012, 08:32 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Rawon atau nasi rawon, karena selalu disajikan dengan nasi, adalah menu berupa sup daging dengan bumbu khas karena mengandung kluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur, dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Daging untuk rawon umumnya adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Bumbu supnya sangat khas Indonesia, yaitu campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas (laos), ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, garam, serta minyak nabati.

Semua bahan ini (kecuali serai dan lengkuas) dihaluskan, lalu ditumis sampai harum. Campuran bumbu ini kemudian dimasukkan dalam kaldu rebusan daging bersama-sama dengan daging. Warna gelap khas rawon berasal dari kluwek. Rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge kecil, daun bawang, tempe goreng, telur asin, kerupuk, dan sambal.

Kalau Anda berlibur di Yogyakarta, rawon iga spesial ini dapat Anda nikmati di Hotel Grand Dafam Merapi-Merbabu Yogyakarta

Lantas apa yang membuat rawon iga di Hotel Grand Dafam MM Yogyakarta ini menjadi spesial?

Menurut Ninik Haryanti, Corporate Public Relation Manager Dafam Hotels & Resort Indonesia, ada dua alasan rawon iga ini menjadi spesial. "Pertama, ukuran daging yang digunakan. Pada rawon iga spesial ini menggunakan daging iga sapi berukuran panjang 17 cm dengan lebar mencapai 7 cm," kata Ninik.

Wow fantastis sekali. Kedua, lanjut Ninik, bumbu khas yang digunakan. Untuk rawon ini menggunakan racikan bumbu khas rempah Indonesia dengan kluwek sebagai pembuat warna hitam (black sauce). "Kluwek merupakan bumbu dapur yang hanya dapat ditemukan di tanah Jawa saja, sehingga masakan rawon ini cukup khas citarasanya," ujarnya.

"Ketiga, porsinya yang cukup banyak," sambung Ninik lagi.

Ternyata, rawon iga spesial ini mendapat sambutan hangat para tamu yang menginap di Hotel Grand Dafam MM Yogyakarta. "Para tamu menyukainya, malah membuat selera makan makin nambah," kata Ninik sembari tertawa.

Untuk pemesanan rawon seharga Rp 70.000++ Anda sudah mendapatkan 1 mangkok jumbo rawon ditambah dengan nasi, krupuk, sambal, tauge dan lalap.

Grand Dafam MM Yogyakarta adalah hotel berbintang empat atau hotel keenam di bawah jaringan Dafam Hotels & Resort Indonesia. Hotel ini memiliki 134 kamar, terdiri dari 106 kamar deluxe, 18 kamar executive, 6 kamar executive balcony, 2 kamar suite, 2 kamar royal suite. Pegawai hotel melayani tamu dengan sepenuh hati serta menonjolkan keramahtamahan asli Indonesia.

Sejak beroperasi 15 Desember 2011, Hotel Grand Dafam MM Yogyakarta bertekad tampil beda dengan mengangkat destinasi wisata di Yogyakarta serta kulinernya. Makanan khas daerah ditonjolkan, sehingga tamu merasa betah seakan berada di rumah sendiri. "Kali ini menu rawon iga spesial yang kita tonjolkan. Ke depan, kita ingin membuat pasar ikan," tambah Ninik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.