Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sleman Gelar Jelajah Wisata Lereng Merapi

Kompas.com - 07/05/2012, 15:30 WIB

SLEMAN, KOMPAS.com - Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta akan menggelar agenda wisata spektakuler yang terbuka untuk umum berupa Jelajah Wisata Ekspedisi Lereng Merapi pada 24 Juni 2012.

"Pada tahun ini, event wisata olahraga trekking atau jalan kaki tersebut mengambil tajuk Ekspedisi Lereng Merapi dengan jarak tempuh 8 kilometer di kawasan perbukitan lereng Merapi bagian selatan. Start dan finish akan dilaksanakan di Gardu Pandang Kaliurang," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Untoro Budiharjo, Minggu (6/5/2012).

Menurut Untoro, penyelenggaraan agenda wisata tersebut dilaksanakan atas kerja sama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kaliurang Hargobinangun Pakem Sleman yang diketuai tokoh pariwisata berkaliber internasional Christian Awuy.

"Jelajah Wisata merupakan event tahunan untuk menarik wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, untuk berkunjung ke DIY, khususnya ke obyek-obyek wisata di Sleman," katanya.

Untoro mengatakan, saat ini, wisata trekking sudah menjadi salah satu wisata alternatif yang dilirik banyak kalangan karena menawarkan panorama alami nan asri serta menjadi wahana olahraga sekaligus berwisata.

Kepala Seksi Dokumentasi dan Informasi Pariwisata Disbudpar Sleman, Wasita, mengatakan bahwa kegiatan jelajah wisata sudah menjadi acara yang telah memiliki pangsa pasar dan pencintanya tersendiri. "Diharapkan pemilihan lokasi di kawasan wisata Kaliurang akan menambah daya tarik tersendiri bagi para peserta," katanya.

Wasita mengatakan, setelah melakukan survei atau cek rute, jalur yang direncanakan cukup ideal dan menantang bagi komunitas pencinta alam, komunitas pencinta lingkungan, komunitas Pramuka, generasi muda, dan masyarakat umum.

"Jalur yang akan dilalui dalam jelajah wisata Ekspedisi Lereng Merapi tersebut cukup ekstrem dengan start dan finish di Gardu Pandang Kaliurang melalui kawasan permukiman penduduk dan kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), yakni Bukit Gandok, Bukit Pronojiwo, Bukit Plawangan," katanya.

Lebih menarik lagi di sepanjang jalur trekking para peserta akan dapat melihat secara langsung keindahan alam lereng Merapi bagian selatan serta bekas-bekas erupsi 2010 yang masih tersisa hingga kini.

Wasita menargetkan jumlah peserta sebanyak 1.000 orang dengan sistem perseorangan dari berbagai daerah, baik dari masyarakat DIY maupun luar DIY.

Pendaftaran peserta, lanjut Wasita, mulai 15 Mei hingga 15 Juni 2012 di Pokdarwis Kaliurang, Hotel Vogels Jalan Astamulya No.76 Kaliurang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Website:www.tourismsleman.com, surat elektronik dan Facebook  prtourismsleman@yahoo.co.id, TIC Malioboro, Jalan Malioboro No.14 Yogyakarta. Syarat-syarat pendaftaran meliputi penyerahan fotokopi KTP/identitas diri lainnya dan pembayaran sebesar Rp 30.000 per peserta.

"Setiap peserta akan  memperoleh fasilitas kaos cantik, snack, dan minum, asuransi serta kupon undian doorprize untuk memperebutkan hadiah utama dua sepeda motor Suzuki Titan, sepeda gunung, televisi, handphone, minicompo, dan berbagai hadiah lainnya," tambah Wasita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com