Kompas.com - 08/05/2012, 07:58 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Pasta, sushi dan sashimi, serta nasi goreng, biasa hadir di buffet (prasmanan) restoran-restoran yang ada di hotel berbintang. Ya, seakan sebuah kewajiban untuk menghadirkan menu barat, Jepang, China, dan Indonesia.

Namun, di Satoo Restaurant yang berada di Shangri-La Hotel Jakarta, kuliner India malah mampu mencuri perhatian. Ada 12 station yang siap memanjakan lidah penggila buffet.

Salah satunya adalah station yang menyajikan kuliner India, ada banyak panci berisikan kari dengan aroma rempah yang menyeruak. Ambil Metchi Butter Naan, atau roti naan khas India. Bentuknya tipis seperti roti cane. Tektur lembut dan rasanya cenderung polos walau selintas terasa gurih mentega.

Karena paduan rasa polos mentega, naan cocok disiram dengan kari. Ada beragam kari yang bisa Anda coba. Misalnya Prawn Curry atau kari dengan udang, Panner and Mushroom Curry, Kerala Bittergourd Curry, dan Chicken Makhani.

Kerala Bitterground Curry menggunakan bahan pare. Meski memakai pare, rasa pahit tak terlalu kentara lantaran dicampur rempah-rempah dari kari. Sementara Panner and Mushroom Curry adalah tahu putih yang lembuh dipadu dengan jamur. Naan yang memiliki rasa sederhana menjadi paduan pas dengan kari berempah dengan rasa tajam.

Sebagian orang merasa masakan India terlalu beraroma dan memiliki rasa yang menyengat. Namun, di Satoo, hentakan tajam dari kari diperhalus. Sehingga kari-kari pun dapat diterima oleh lidah Indonesia. Menu India lainnya yang patut dicoba adalah Chicken Tandoori, Vegetable Biryani, dan Chicken Tikka Masala.

Station lain yang biasa diserbu tamu adalah hidangan Chinese. Bebek peking panggang dalam bentuk utuh berjajar rapi mengundang selera. Bebek begitu lembut saat digigit. Selain itu, bebek begitu lengas dan berpadu apik dengan bumbu yang meresap.

Pilihan lain adalah station Indonesia dengan pilihan nasi goreng dan aneka hidangan lainnya seperti sate ayam. Lalu, pasta station dengan pilihan pasta seperti spaghetti, tagliate, dan pasta jenis lainnya yang berubah-ubah setiap hari. Pun dengan sausnya, ada banyak saus untuk menambah rasa pasta, seperti pesto dari daun basil, carbonara dari krim, sampai bolognese dari tomat. Isian pasta juga sesuai selera, mau bahan laut seperti ikan dan udang, atau yang klasik seperti bacon.

Sebelah station pasta adalah Noodle station yang menyajikan aneka hidangan mi. Seakan mempertemukan pasta, si mi ala barat, dengan mi ala Asia. Di station ini, hidangan yang tampil menggunakan udon, ramen, soba, mi, dan soun.

Di tengah area adalah station Jepang yang menghadirkan sushi dan sashimi. Sushi sudah disajikan, Anda tinggal mengambilnya. Sementara sashimi, Anda pesan dulu pada chef station untuk minta dipotongkan tuna atau salmon. Seberang station tersebut adalah station salad.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.