Kompas.com - 08/05/2012, 15:42 WIB
EditorI Made Asdhiana

SURABAYA, KOMPAS - Jawa Timur terus berupaya menjadi daerah tujuan wisata dan bukan sekadar tempat transit bagi wisatawan mancanegara yang hendak ke Bali atau Yogyakarta.

Beroperasinya beberapa lapangan terbang di provinsi ini, salah satu langkah mempersingkat waktu perjalanan dari satu obyek wisata ke lokasi lain.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, Janiarto mengatakan, dibukanya jalur penerbangan dari Surabaya-Banyuwangi, Jakarta-Malang, diharapkan mampu meningkatkan minat turis asing berkunjung ke Jatim. ”Apalagi di provinsi dengan luas wilayah 47.922 kilometer persegi terdapat 763 obyek wisata,” katanya di Surabaya, Senin (7/5/2012).

Upaya lain memperkenalkan obyek wisata di Jatim antara lain Gunung Bromo, kebun teh Kalibaru di Kalisat, dan wisata religi makam Sunan Bonang di Tuban, dengan rutin menggelar Majapahit Travel Fair (MTF), dan tahun ini yang ke-13 di Surabaya pada 10-13 Mei 2012. MTF digelar untuk menarik wisatawan asing berkunjung ke Jatim, kendati pada 2011 jumlahnya hanya 224.000 orang atau naik 20,2 persen dari tahun 2010 sebanyak 203.888 orang.

Sementara wisatawan nusantara yang berkunjung ke provinsi yang memiliki obyek wisata seperti Pantai Lombang Sumenep, Pantai Klayar Pacitan, Pantai Watu Ulo di Jember, dan Plengkung Banyuwangi, tiap tahun meningkat signifikan.

Tahun 2010, wisatawan domestik yang mengunjungi Jatim mencapai 25 juta orang, 2011 sebanyak 27 juta orang, dan 2012 diharapkan bisa mencapai sekitar 30 juta orang. ”Memang wisatawan domestik umumnya mengunjungi obyek wisata religi seperti makam Wali Songo. Penawaran paket wisata diharapkan menarik wisatawan domestik lebih lama tinggal di Jatim,” ujarnya. (ETA)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.