Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruwatan Anak Gimbal Dieng Kembali Digelar

Kompas.com - 08/05/2012, 15:53 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

BANJARNEGARA, KOMPAS.com — Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, kembali menggelar Dieng Culture Festival III mulai 30 Juni hingga 1 Juli 2012. Salah satu kegiatan yang akan diadakan pada ajang tersebut adalah ritual ruwatan anak-anak gimbal.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banjarnegara Suyatno, Selasa (8/5/2012), mengatakan, untuk Dieng Culture Festival (DCF) II ini, pihaknya menggandeng kelompok sadar wisata Dieng Pandawa Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur. "Kegiatan akan dipusatkan di kompleks Candi Arjuna, Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara," katanya.

Menurut Suyatno, DCF III merupakan agenda tahunan yang mengangkat tradisi seni dan budaya masyarakat Dataran Tinggi Dieng. Dalam ajang ini, berbagai budaya dan kesenian khas Dieng akan ditampilkan.

Menurut Suyatno, salah satu acara yang paling menarik tentu saja adalah ritual ruwatan anak-anak berambut gimbal (gembel) yang banyak dijumpai di dataran tinggi tersebut. Ia berharap kegiatan ruwatan anak gimbal akan menarik lebih banyak kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.

Selain itu, dalam rangkaian kegiatan tersebut, Pemkab Banjarnegara juga menggelar lomba lari pelajar Dieng 10 K. Menariknya, sebelum berlari, para peserta dan penonton akan diajak untuk minum minuman khas Dieng berupa purwaceng.

Penyelenggaraan DCF III ini juga menjadi salah satu upaya Pemkab Banjarnegara mendukung Tahun Kunjungan Wisata Jawa Tengah 2013.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com