Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Kesra Dukung Sail Derawan

Kompas.com - 11/05/2012, 20:12 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mendukung Pulau Derawan di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur, diperkenalkan sebagai aset wisata ke dalam dan ke luar negeri, terutama ke ASEAN.

"Pemprov Kaltim telah berencana menggelar Sail Derawan 2013. Saya setuju perlu ada promosi tentang keindahan dan potensi wisata Pulau Derawan. Event-nya tidak harus berkonsep sail, tetapi dalam bentuk visit juga bisa. Yang penting terpromosikan, dikenal masyarakat dalam dan luar negeri," ujar Agung di sela acara tentang UMKM produktif, di Hotel Bena Kutai, Balikpapan, Jumat (11/5/2012).

Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau adalah andalan pariwisata Kaltim. Kepulauan ini terdiri atas pulau utama, yakni Pulau Derawan, lalu Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, dan Pulau Maratua.

Potensi alam di sana, antara lain, adalah penyu hijau di Sangalaki dan Derawan, ikan pari di Sangalaki, melihat ubur-ubur tanpa sengat di Kakaban, dan pesona bawah laut di Maratua.

"Potensi promosi Derawan ke negara lain, terutama negara anggota ASEAN, besar. Ini juga sekaligus menghilangkan kesan bahwa kita (Indonesia) tidak selalu merawat alam," kata Menko Kesra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com