Kompas.com - 11/05/2012, 20:12 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

BALIKPAPAN, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mendukung Pulau Derawan di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur, diperkenalkan sebagai aset wisata ke dalam dan ke luar negeri, terutama ke ASEAN.

"Pemprov Kaltim telah berencana menggelar Sail Derawan 2013. Saya setuju perlu ada promosi tentang keindahan dan potensi wisata Pulau Derawan. Event-nya tidak harus berkonsep sail, tetapi dalam bentuk visit juga bisa. Yang penting terpromosikan, dikenal masyarakat dalam dan luar negeri," ujar Agung di sela acara tentang UMKM produktif, di Hotel Bena Kutai, Balikpapan, Jumat (11/5/2012).

Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau adalah andalan pariwisata Kaltim. Kepulauan ini terdiri atas pulau utama, yakni Pulau Derawan, lalu Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, dan Pulau Maratua.

Potensi alam di sana, antara lain, adalah penyu hijau di Sangalaki dan Derawan, ikan pari di Sangalaki, melihat ubur-ubur tanpa sengat di Kakaban, dan pesona bawah laut di Maratua.

"Potensi promosi Derawan ke negara lain, terutama negara anggota ASEAN, besar. Ini juga sekaligus menghilangkan kesan bahwa kita (Indonesia) tidak selalu merawat alam," kata Menko Kesra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.