Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Teluk Jailolo Kembali Digelar

Kompas.com - 14/05/2012, 09:01 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Perhelatan budaya tahunan Festival Teluk Jailolo (FTJ) kembali digelar Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) kembali dihelat, Senin (14/5/2012) sore ini. Rencananya, genderang opening ceremony FTJ ditabuh sore ini oleh Gubernur Maluku Utara, Thaib Armayin.

Berlokasi di areal Pelabuhan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara masyarakat sekitar sudah memadatinya sejak Minggu (13/5/2012) malam. Kegiatan yang memasuki tahun ke 4 ini mengusung tema the Amazing of Golden Spice Island.

Berbagai potensi wisata bahari serta budaya termasuk wisata petualangan bakal mewarnai perhelatan ini. "FTJ tahun ini dikemas lebih spektakuler. Bahkan FTJ tahun ini dirancang memecahkan rekor muri bakar ikan yang saat ini dipegang Kota Surabaya. Surabaya sendiri mengoleksi rekor tempat bakar ikan sepanjang 5,2 kilo meter dengan jumlah ikan 8 ton, FTJ tahun ini menyiapkan tempat bakar ikan 6 kilometer, dengan jumlah ikan 10 ton," jelas Ketua Umum Festival Teluk Jailolo (FTJ) Abjan Sofya.

Rencananya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Mari Elka Pangestu dan Menteri Pemuda Olahraga RI Andy Mallaranggeng bakal hadir dalam event yang juga dihelat untuk meramaikan event berkelas Internasional, Sail Morotai 2012.

Sejumlah pejabat teras di dua kementerian ini juga dijadwalkan hadir. Selain itu, pejabat teras Provinsi dan Sembilan Kabupaten/Kota di Maluku Utara juga dijadwalkan ambil bagian. Para rektor pimpinan Bank, Perusahaan hingga para Sultan di jazirah Moloku Kie Raha juga meramaikan acara ini.

Festival Teluk Jailolo tahun ini diprediksi bakal menjadi FTJ yang paling ramai, karena disaat yang bersamaan masyarakat dan pemerintah Kabupaten Halmahera Barat juga menjadi tuan rumah kegiatan level provinsi yakni Pekan Olahraga Pelajar Daerah dan Hari Kesatuan Gerak PKK Maluku Utara. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com