Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Promosi Pariwisata Makin Digencarkan

Kompas.com - 15/05/2012, 18:37 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comKementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus memaksimalkan potensi pariwisata di Indonesia. Keseriusan ini ditunjukkan dengan semakin banyaknya kegiatan pariwisata yang digelar dan didukung Kemenparekraf.

"Kami akan konsisten mendorong kegiatan yang berpotensi untuk menjadi kegiatan internasional," ujar Wakil Menparekraf Sapta Nirwandar, Selasa (15/5/2012), di Jakarta.

Sapta menjelaskan beberapa kegiatan yang akan digelar Kemenparekraf. "Bulan Juni, kami akan mendukung kegiatan Tour de Singkarak di Sumatera Barat. Selain itu, kami juga akan mendukung sejumlah kegiatan Direktorat Promosi Dalam Negeri, antara lain Festival Danau Toba, Bangka Jazz Festival, Jogja Jazz Festival, Indonesia MICE and Corporate Travel Mart, serta Festival Mutiara," paparnya.

Kemenparekraf juga melakukan promosi wisata di luar negeri, antara lain Inacraft di China, Internasional Muslim Travel Mart di Malaysia, serta berpartisipasi dalam ajang ITB Berlin. Kemenparekraf juga akan giat mendorong pengembangan wisata minat khusus, seperti spa, golf, selam, dan wisata kapal pesiar. Kegiatan promosi wisata di dalam dan luar negeri yang dilakukan Kemenparekraf bertujuan untuk mendorong peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancangera serta jumlah perjalanan wisatawan nusantara.

"Biasanya kegiatan promosi ini merupakan kegiatan tahunan. Untuk menghindari kejenuhan pengunjung, kami akan melakukan beberapa terobosan yang disesuaikan dengan kondisi daerah setempat," tuturnya.

Meski demikian, dalam pelaksanaannya, sejumlah kegiatan promosi ini tak pelak menemui kendala, seperti masalah aksesibilitas, kemacetan, pelayanan jasa, dan yang tidak kalah penting adalah kebersihan.

"Kami akan terus mengupayakan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk menyelesaikan persoalan-persoalan tersebut," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com