Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kopi Luwak Indonesia Diminati Italia

Kompas.com - 16/05/2012, 11:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com  - Pengusaha Kafe dan Restoran Italia antusias menjajakan produk Kopi Luwak Indonesia di negerinya. Paling tidak, hal ini terekam saat pameran makanan Internasional Cibus yang diselenggarakan di Parma, Italia, pada 7-10 Mei 2012 lalu.

Sebagaimana diutarakan Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Milan, Sumber Sinabutar, selain mie instan dan bumbu instan dari PT Indofood, kopi instan dan teh instan dari PT Sari Incofood, kopi luwak dengan merek Careuh Kopi dari CV Erai Trading menjadi produk unggulan dan paling diminati.

“Beberapa pengusaha kafe dan restoran Italia juga tampak antusias menjual produk kopi luwak dari Indonesia dan mereka mengatakan telah mendengar dari media internasional mengenai nikmat dan keistimewaan kopi luwak dari Indonesia,” kata Kepala ITPC Milan ini, Selasa (15/5/2012).

Lebih lanjut, ia mengatakan, terjadi peningkatan permintaan terhadap komoditi-komoditi Indonesia di Italia. Khususnya untuk produk industri makanan seperti minyak kelapa sawit dan kopi yang termasuk dalam kategori top 5 produk yang diimpor Italia dari Indonesia.

“Secara umum, Italia masih berada dalam masa-masa krisis, namun jelas membutuhkan Indonesia sebagai penyuplai bahan baku dalam upaya meningkatkan produksi industri dalam negeri mereka,” ujar Sinabutar.

Dikatakannya bahwa strategi outsourcing yang digencarkan oleh sejumlah perusahaan Italia melalui investasi di Indonesia memang merupakan opsi yang efisien guna menunjang keberlanjutan industri Italia. “Namun kami berharap hal tersebut juga dapat bermanfaat bagi pengembangan industri di Indonesia,” ia menjelaskan. (Srihandriatmo Malau)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com